Ini Alasan Refresh Rate Tinggi Penting di Samsung Galaxy Tab S7 Series

    Lufthi Anggraeni - 07 Oktober 2020 09:29 WIB
    Ini Alasan Refresh Rate Tinggi Penting di Samsung Galaxy Tab S7 Series
    Samsung Galaxy Tab S7 series dengan refresh rate layar 120Hz mampu menunjang aktivitas hiburan atau profesional.
    Jakarta: Kemajuan teknologi tidak hanya menghadirkan kemudahan di berbagai aspek kehidupan, juga meningkatkan keinginan konsumen akan kualitas lebih baik pada perangkat penunjang aktivitas mereka. Hal ini juga termasuk menyoal tampilan layar.

    Refresh rate menjadi salah satu aspek layar yang tengah gencar dikembangkan oleh berbagai vendor perangkat komputasi. Jika dulu istilah ini mungkin lebih akrab di telinga penggemar aktivitas komputasi di PC, kini istilah refresh rate juga mulai diakrabi oleh produsen perangkat mobile, termasuk tablet.

    Sebagai informasi, refresh rate adalah kemampuan layar perangkat dalam melakukan pembaruan tampilan gambar per detik. Refresh rate berbeda dari frame rate, istilah lain yang kerap ditemukan saat membahas kualitas layar.

    Sedangkan frame rate adalah kemampuan layar menyimpan atau menghasilkan gambar per detik, namun baik refresh rate dan frame rate menggunakan satuan yang sama yaitu Hertz. Pada refresh rate, angka lebih tinggi mengindikasi tampilan lebih tajam dan halus, tanpa gangguan lag.

    Saat ini, refresh rate yang kerap ditemukan pada layar perangkat mobile berkisar 60Hz, 90Hz, dan 120Hz. Angka di depan satuan Hz mengindikasi jumlah pembaruan gambar yang dapat ditampilkan oleh layar per detik.

    Refresh rate lebih banyak digadang mempengaruhi kenyamanan saat bermain game, sebab mampu meningkatkan resolusi gerakan, mengurangi efek yang disebut dengan istilah ghosting dan tearing, serta menyuguhkan responsivitas lebih baik.

    Namun, bekal refresh rate lebih tinggi juga mampu menyuguhkan kenyamanan bagi mata pengguna, sebab menampilkan gambar dengan pergerakan lebih natural dan lebih jernih. Layar dengan refresh rate lebih rendah akan menampilkan kedipan, yang diklaim menjadi salah satu penyebab permasalahan menyoal kesehatan mata.

    Kian sering digembar-gemborkan vendor, tingkat kesadaran konsumen akan pentingnya refresh rate demi kesenangan dalam menikmati konten multimedia seperti game dan video, ataupun melakukan aktivitas komputasi lainnya pun semakin tinggi, dan refresh rate menjadi salah satu faktor yang kini juga diperhatikan oleh konsumen.

    Salah satu perangkat mobile yang didukung layar dengan refresh rate tertinggi saat ini, yaitu 120Hz, adalah seri Samsung Galaxy Tab S7 Series. Samsung membekali kedua tablet ini dengan refresh rate yang sama, meski berbeda ukuran.

    Dengan demikian, Samsung menjanjikan suguhan tampilan gambar yang mulus dan tajam pada konten gambar bergerak, termasuk pada game. Tidak hanya pada konten multimedia, kehadiran refresh rate juga mendukung pemanfaatan perangkat ini sebagai alat untuk melakukan aktivitas komputasi kreatif, karena mampu menghadirkan tampilan yang tajam dan detail.

    Refresh rate memang menjadi salah satu faktor yang dapat menambah kenyamanan pengguna saat melihat layar dari sebuah monitor, smartphone, atau tablet. Proses refresh setiap detiknya yang semakin banyak, membuat pergerakan objek di layar menjadi lebih smooth.

    Hal ini pun dirasakan oleh Wahyu Adhitya, seorang animator profesional dan pendiri Hello Motion Academy. Ia yang kesehariannya sibuk dengan dunia animasi, tetap memikirkan me time-nya. Dan, untuk menikmati me time-nya tersebut, biasanya dilakukan dengan menonton, bermain game, atau menikmati hiburan lainnya dari perangkat tablet.

    Ini Alasan Refresh Rate Tinggi Penting di Samsung Galaxy Tab S7 Series

    “Me Time saya memang biasanya terjadi setelah saya meninabobokan anak. Setelah itu, saya bisa merasa nyaman menikmati me time dengan menonton film, membuka Youtube, dan bermain game. Bahkan, Samsung Galaxy Tab S7+ bisa saya bawa ke tempat tidur. Dengan refresh rate yang tinggi menonton dan bermain game pun menjadi lebih nyaman,” ujar Wahyu.

    Ini Alasan Refresh Rate Tinggi Penting di Samsung Galaxy Tab S7 Series

    Hal ini selaras dengan klaim Samsung yang menyebut bahwa seri Galaxy Tab S7 sesuai untuk menunjang aktivitas komputasi pengguna baik saat untuk menyelesaikan tugas sekolah atau pekerjaan, menuangkan kreativitas lainnya, ataupun menikmati konten hiburan guna menghilangkan kepenatan. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id