Apple Batalkan Proyek Kacamata AR?

    Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Juli 2019 15:51 WIB
    Apple Batalkan Proyek Kacamata AR?
    Nreal Light. (Photo by Pau Barrena / AFP)
    Jakarta: Rencana Apple untuk mengembangkan kacamata Augmented Reality adalah rahasia umum. Hal ini bisa diketahui dari keputusan Apple untuk mempekerjakan teknisi AR dan memasukkan paten terkait AR. Apple dikabarkan telah berusaha mengembangkan kacamata itu selam dua tahun atau lebih. 

    Namun, laporan dari media Taiwan DigiTimes menyebutkan bahwa Apple telah menghentikan pengembangan proyek kacamata AR. Jika benar, ini merupakan kabar buruk bagi Apple, yang selama ini fokus pada inovasi teknologi baru. 

    Selama ini, DigiTimes dapat memberikan informasi tentang apa yang terjadi dalam jaringan suplai Apple, sebagian merupakan kabar besar, sebagian yang lain tidak terlalu penting. Rekam jejak DigiTimes dalam memprediksi langkah Apple juga tidak sepenuhnya akurat. 

    Dikabarkan, Apple tengah mengembangkan kacamata AR yang akan menggunakan sistem operasi baru bernama "rOS". Kemungkinan, sistem operasi itu akan didasarkan pada OS untuk mobile, iOS, sama seperti watchOS, yang merupakan OS untuk smartwatch. 

    Rumor menyebutkan, kacamata ini mungkin bisa digunakan sendiri atau memerlukan perangkat ekstra seperti komputer. Namun, Apple dikabarkan akan menggunakan daya komputasi dari iPhone sebagai sumber pemprosesan dari kacamata AR itu. 

    Laporan itu muncul bersamaan dengan peluncuran kacamata AR dari pesaing, seperti HoloLens dari Microsoft, Magic Leap One, dan Nreal Light. Nreal Light menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 dan memanfaatkan koneksi ke smartphone berbasis Snapdragon 855 via USB-C untuk melakukan tugas berat. Dikabarkan, Apple juga memiliki kacamata AR dengan konsep serupa. 

    Sama seperti Nreal, Apple juga dikabarkan berencana untuk membuat kacamata AR yang terlihat seperti kacamata biasa.

    Meskipun Apple belum memiliki kacamata AR, tapi mereka telah meluncurkan ARKit, ARKit 2.0, dan ARKit 3.0, mendorong para developer untuk menciptakan aplikasi untuk AR. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id