Apple Sensor Bendera Taiwan di iPhone Tiongkok

    Ellavie Ichlasa Amalia - 12 Juli 2018 11:10 WIB
    Apple Sensor Bendera Taiwan di iPhone Tiongkok
    Bendera Taiwan disensor di iPhone Tiongkok. (Wikimedia Commons)
    Jakarta: Sebuah bug di iOS 11.3 -- yang telah diperbaiki di iOS 11.4.1 -- menunjukkan bahwa Apple menyensor bendera Taiwan untuk iPhone di Tiongkok.

    Keberadaan bug ini diketahui ketika peneliti keamanan Patrick Wardle mendapatkan pesan dari temannya asal Taiwan yang mengatakan bahwa iMessage, WhatsApp dan Facebook Messenger berhenti berfungsi ketika dia mengetik kata "Taiwan" atau menerima pesan yang mengandung emoji dari bendera Taiwan.
    Meski pada awalnya skeptis, Wardle akhirnya berhasil memverifikasi pernyataan temannya itu dan mencari tahu apa yang menyebabkan masalah tersebut, lapor 9to5Mac.

    Pada perangkat iOS yang tercatat berada di wilayah Tiongkok atau menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa utama, iOS akan mencari bendera Taiwan dan menghilangkannya. Namun, kode itu mengandung bug, yang menyebabkan iPhone crash.

    Tampaknya, kode untuk menghilangkan bendera Taiwan itu Apple masukkan untuk memenangkan hati pemerintah Tiongkok, yang menolak untuk mengenali Taiwan sebagai negara mandiri dan menanggapnya sebagai bagian dari Tiongkok.

    Saat ini, status Taiwan sebagai negara tidak jelas. Memang, Taiwan memiliki pemerintahan sendiri, tapi mereka tidak diakui oleh kebanyakan organisasi internasional. Tiongkok mengancam untuk mengambil alih Taiwan secara paksa jika mereka berani menyatakan kemerdekaan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id