comscore

Intel Resmi Luncurkan GPU Diskrit Arc A-Series Versi Laptop

Cahyandaru Kuncorojati - 01 April 2022 11:27 WIB
Intel Resmi Luncurkan GPU Diskrit Arc A-Series Versi Laptop
Intel meluncurkan kartu grafis atau GPU discrete pertamanya, Intel Arc A-Series untuk laptop.
Jakarta: Rencana Intel untuk terjun ke bisnis kartu grafis atau GPU jenis diskrit (discrete) ternyata masih sesuai target. Intel resmi meluncurkan lini kartu grafis seri Intel Arc yang ditujukan untuk mobile alias laptop. 

Intel Arc A-Series akan hadir sebagai pilihan GPU discrete pada laptop, desktop, dan workstation yang dirilis tahun ini. Mereka menglaim bahwa seri produk Intel Arc 3 pertama akan banyak tersedia pada laptop yang mendukung platform Intel Evo. 
Di seri A350M tersedia untuk laptop ultra-thin atau ultra tipis sementara seri A370M di desain thin-and-light dengan kinerja lebih tinggi. Di pengalaman bermain game seri Intel Arc A370M diklaim mampu menyediakan pengalaman gaming hingga frame rate 60fps di resolusi 1080.

Seri Intel Arc 5 dan Arc 7 disebut menawarkan kemampuan kreasi konten lebih mumpuni dengan dukungan lebih banyak Xe core, ray tracing, dan memori GDDR6 yang lebih besar dibandingkan Arc 3.

Semua seri Intel Arc A-Series diciptakan dengan mikroarsitektur Intel Xe High Performance Graphics terbaru alias Xe HPG yang didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan performa dari gamer dan content creator.

Di dalam Xe HPG tersedia Xe core dilengkapi engine Intel Xe Matrix Extension (XMX) AI terintegrasi yang diklaim menyediakan peningkatan kemampuan komputasi hingga 16 kali dibandingkan unit vektor GPU tradisional.

Xe Display Engine menjadi fitur yang mendukung resolusi HDR di layar dengan refresh rate tinggi. Kemampuan ini memungkinkan dukungan Display Port 2.0 10G untuk 4K di 120Hz tanpa kompresi.

Laptop yang menggunakan GPU discrete Intel Arc bakal menggunakan desain Intel Evo berbasis prosesor Intel Gen 12th atau Alder Lake. Intel mengklaim jajaran laptop dengan Intel Arc Graphics akan memiliki konsumsi daya yang efisien alias daya tahan baterai panjang serta bisa terhubung ke WiFi 6.

Intel Arc A-Series sudah hadir dengan sejumlah fitur terkini seperti dukungan DirectX 12 Utimate untuk ray tracing, variable rate shading, mesh shading, dan sample feedback serta image upscalling berbasis AI dari Intel XeSS.

Intel XeSS sudah disiapkan bekerja sama dengan sejumlah studio game untuk menyediakan dukungan ke hardware dan software Intel Arc. Intel mengklaim ada 20 game yang rencananya yang telah mengadopsi dukungan Intel dan mereka akan membuka tool SDK ini untuk digunakan pada industri game.

Satu teknologi lagi yang membuat Intel bisa bersaing dengan kompetitor di bidang GPU adalah Intel Deep Link, fitur yang membuat GPU Intel Arc bisa bekerja secara seamless dengan CPU Intel dan iGPU Intel untuk meningkatkan performa saat bermain game, streaming, dan kreasi konten.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id