WhatsApp Android Punya Fitur Hapus Foto dan Video Otomatis

    Lufthi Anggraeni - 23 September 2020 16:34 WIB
    WhatsApp Android Punya Fitur Hapus Foto dan Video Otomatis
    WhatsApp dilaporkan tengah menguji fitur penghapus foto, video dan GIF secara otomatis.
    Jakarta: WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru yang berkemampuan untuk menghapus foto, video dan GIF secara otomatis. Informasi yang beredar menyebut bahwa fitur baru ini akan mengusung nama Expiring Media.

    Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna dengan cara mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu melalui via tombol berikon timer. Setelah foto, video atau GIF yang dikirimkan pengguna akan terhapus secara otomatis setelah penerima membuka pesan.

    Foto, video dan GIF yang terhapus akan menyisakan jejak layaknya pesan yang telah dihapus. Fitur ini disebut mampu menghemat ruang penyimpanan internal perangkat, serta memastikan foto atau video tidak tersebar kepada orang yang tidak diinginkan.

    WABetaInfo menduga fitur Expiring Media merupakan ekstensi dari Expiring Messages, fitur hapus pesan otomatis di percakapan grup WhatsApp yang juga tengah dikembangkan oleh Facebook. Fitur Expiring Messages memungkinkan pengguna mengatur jangka waktu chat di grup bertahan sebelum kemudian terhapus secara otomatis.

    Dengan fitur Expiring Media, ketika pengguna mengirimkan file media (foto, video atau GIF), file tersebut akan menghilang secara otomatis setelah penerima pesan meninggalkan chat. Selain itu, fitur ini juga menyediakan opsi yang memberikan pengguna jangka waktu selama satu tahun sebelum pesan terhapus.

    Fitur Expiring Media di WhatsApp sekilas mirip dengan fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau video lewat DM yang bisa menghilang secara otomatis. Sementara itu, WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur Media Expiring kepada sejumlah pengguna aplikasi versi Android yang juga anggota Google Play Beta Program. 

    WhatsApp belum menyediakan informasi lebih lanjut tentang fitur Expiring Messages atau Expiring Media, sehingga belum diketahui waktu peluncuran fitur ini untuk seluruh pengguna WhatsApp. Sebagai informasi, fitur Media Expiring tersedia di WhatsApp Android dalam versi beta 2.20.201.1.

    Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur baru termasuk pemanfaatan sensor pemindai sidik jari untuk mengakses WhatsApp Web. Selain itu, WhatsApp juga dikabarkan tengah mengembangkan fitur terkait panggilan suara dan video di WhatsApp Web. 

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id