Apple Kalahkan Penjualan Smartphone Samsung

    Lufthi Anggraeni - 24 Februari 2021 10:12 WIB
    Apple Kalahkan Penjualan Smartphone Samsung
    Untuk pertama kalinya sejak tahun 2016, Apple berhasil melengserkan Samsung sebagai produsen smartphone dengan penjualan tertinggi.
    Jakarta: Laporan pasar terbaru Gartner menyebut bahwa Apple menduduki peringkat teratas dalam daftar produsen smartphone dengan tertinggi. Pencapaian ini diraih Apple untuk pertama kalinya sejak tahun 2016 lalu.

    Mengutip Ubergizmo, laporan Gartner ini menyebut bahwa pertumbuhan tahun ke tahun atau Year-on-Year Apple mengalami peningkatan menjadi 14,9 persen. Sementara itu, penjualan Samsung mengalami penurunan menjadi 11,8 persen pada periode yang sama.

    Berdasarkan performa penjualan selama tahun 2020, Apple mengalami pertumbuhan sebesar 3,3 persen, sedangkan Samsung mengalami penurunan sebesar 14,6 persen. Sejumlah pihak menilai laporan ini menarik, mengingat Apple hanya menjual beberapa model smartphone dan Samsung menawarkan lebih banyak model di berbagai rentang harga.

    Direktur Riset Senior di Gartner Anshul Gupta, kehadiran 5G berpotensi besar meningkatkan permintaan smartphone secara signifikan bahkan selama krisis ekonomi akibat pandemi. Gupta menyebut bahwa penjualan lebih banyak smartphone 5G dan smartphone kelas bawah hingga menengah meminimalkan penurunan pasar pada kuartal keempat tahun 2020.

    Gupta menambahkan bahwa smartphone 5G dan fitur-fitur pro-kamera mendorong beberapa pengguna untuk membeli smartphone baru atau meng-upgrade smartphone, bahkan saat konsumen tetap berhati-hati dalam pengeluaran dan menahan diri pada beberapa pembelian yang tidak perlu.

    Namun Apple membutuhkan waktu untuk membuktikan kemampuan dalam mempertahankan keunggulan mereka, mengingat Samsung kian agresif dalam menawarkan ponsel kelas menengah dan kelas bawah.

    Sementara itu, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa vendor smartphone Tiongkok lain, seperti Xiaomi dan Oppo, berpeluang untuk mendominasi pasar mengingat karena performa Huawei yang melambat akibat permasalahan menyoal pasokan komponen.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id