comscore

Bukan 898 dan 895, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Cahyandaru Kuncorojati - 01 Desember 2021 11:25 WIB
Bukan 898 dan 895, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1
Snapdragon 8 Gen 1 Qualcomm.
Jakarta: Hari ini Qualcomm Tech Summit 2021 resmi digelar secara offline namun terbatas setelah dua tahun belakangan digelar online akibat pandemi. Di momen ini Qualcomm tetap mengumumkan chipset generasi terbaru untuk kelas tertinggi atau high-end.

Chipset terbaru yang diharapkan hadir pada smartphone produksi akhir tahun ini tidak lagi mengusung penamaan Snapdragon 800 Series atau yang sebelumnya dirumorkan sebagai Snapdragon 898 atau 895. Mereka punya nama baru yaitu Snapdragon 8 Gen 1.
“Sebagai platform seluler tercanggih di dunia, Snapdragon identik dengan pengalaman Android premium dan Snapdragon 8 Gen 1 yang baru membuat standar untuk perangkat seluler unggulan generasi berikutnya,” ungkap Senior VP & GM of Mobile, Compute, and Infrastructure Qualcomm, Alex Katouzian.

“Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone,” sambungnya. Sejumlah merek smartphone menyatakan siap menjadi gelombang pertama yang menyediakan perangkat untuk memamerkan performa Snapdragon 8 Gen 1.

Beberapa vendor tersebut di antaranya Black Shark, Honor, iQoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, vivo, Xiaomi, dan ZTE. Pendiri Xiaomi Lei Jun bahkan di acara tersebut menyatakan Xiaomi 12 akan jadi yang pertama di dunia menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm menjadi yang pertama diproduksi dengan fabrikasi 4nm dan arsitektur baru yaitu Armv9, rancangan terbaru dari desainer semikonduktor global Arm. Qualcomm membagikan informasi teknologi yang dibawa oleh Snapdragon 8 Gen 1:

Bukan 898 dan 895, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Konektivitas
Snapdragon 8 gen 1 dilengkapi modem-RF System Snapdragon X65 5G generasi ke-4 yang diklaim sebagai modem tercanggih saat ini untuk mendukung kecepatan unduh (download) hingga 10Gbps.

Di sini juga ada fitur Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk koneksi ke WiFi 6 dan WiFi 6E yang menyeidakan kecepatan hingga 3,6 Gbps.

Kamera
Snapdragon 8 Gen 1 mengandalkan teknologi Snapdragon Sight Technology yang di dalamnya ada ISP 18-bit pertama untuk mobile dengan kemampuan menangkap lebih dari 4.000 kali lebih banyak data kamera dibandingkan pendahulunya. 

Kemampuan tersebut menyediakan kecepatan pemrosesan hingga 3,2 gigapiksel per detik. Di sini juga untuk pertama kali di smartphone mampun menyediakan perekaman video HDR 8K dalam format HDR10+. Fitur Bokeh Engine baru memberikan efek baru dalam perekaman video.

Di sini jug ada fitur ISP Always-On yang memungkinkan kamera tetap aktif dalam durasi panjang tapi dengan konsumsi daya yang sangat rendah. Hal ini juga mendukung fitur face unlocking yang selalu aktif untuk menjamin keamanan perangkat.

Kemampuan AI
AI Engine Generasi ke-7 di prosesor Qualcomm Hexagon pada Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan kemampuan akseletor tensor dua kali lebih cepat dan memori dua kali lebih besar dari pendahulunya. 

Kemampuan AI disini dikembangkan bersama Leica Leitz Look untuk menyajikan hasil foto efek Bokeh terbaik dengan dukungan kecerdasan buatan. Kemampuan pemrosesan bahasa pada Qualcomm AI Engine juga menggandeng Hugging Face untuk asisten pribadi yang lebih cerdas.

Qualcomm juga bekerja sama dengan Sonde Health untuk menganalisa suara pengguna apabila terindikasi masalah kesehatan seperti asma, depresi, dan COVID-19. Semua kemampuan AI tersebut dirancang Qualcomm dengan konsumsi daya rendah sehingga menghemat baterai smartphone.

Bukan 898 dan 895, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Gaming
Snapdragon 8 Gen 1 terus menyempurnakan fitur Snapdragon Elite Gaming yang terdiri dari lebih dari 50 fitur untuk mengejar kualitas grafis dan performa sekelas desktop atau PC. GPU Adreno terbaru diklaim memberikan peningkatan 30 persen dalam kemampuan rendering grafis dan 25 persen di peningkatan penghematan daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Teknologi Adreno Frame Motion Engine memungkinkan peningkatan jumlah frame dua kali lebih banyak sehingga memberikan dukungan fps lebih tinggi pada konsumsi daya yang sama.


Fitur Variable Rate Shading Pro yang diklaim pertama kalinya hadir untuk smartphone bisa mendukung developer game menyempurnakan grafis di dalam game sehingga terlihat semakin nyata. Qualcomm telah menyiapkan Snapdragon Studios sebagai divisi khusus yang mendukung pengembang game.

Audio
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 kini mendukung koneksi Bluetooth 5.2 tang terintegrasi Snapdragon Sound Technology yang menyediakan Qualcomm aptX Lossless Technology untuk audio nirkabel lossless berkualitas tinggi, misalnya dari aksesori earphone TWS. Kualitas audio tersebut juga bisa dirasakan pada pengalaman bermain game.

Bukan 898 dan 895, Qualcomm Umumkan Snapdragon 8 Gen 1

Keamanan
Snapdragon 8 Gen 1 kini menyediakan keamanan perangkat yang lebih dalam hingga hardware. Pertama kalinya Qualcomm menyediakan Trust Management Engine khusus untuk sistem keamanan lebih tinggi dan mendalam lewat Root of Trust untuk aplikasi dan software.

Qualcomm juga mengembangkan teknologi Android Ready SE, sebuah standar baru yang memungkinkan ke depannya smartphone menjadi kunci untuk keamanan digital untuk mobil dan lainnya.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id