Siri Bisa Bantu Deteksi Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Maret 2020 12:23 WIB
    Siri Bisa Bantu Deteksi Virus Korona
    Ilustrasi. (9to5Mac)
    Jakarta: Apple baru saja merilis update ke layananan asisten digital Siri. Kini fitur kecerdasan buatan ini bisa memandu penggunanya di Amerika Serikat merespons virus Korona atau Covid-19.

    Dilaporkan bahwa update di Siri kini menyediakan pengetahuan mengenai virus Korona. Apple berniat untuk memberikan kemudahan bagi pengguna iPhone yang ingin mengenali kondisi apabila mereka terpapar virus tersebut.

    Dikutip dari 9to5Mac, pengguna iPhone cukup menggunakan perintah suara seperti biasanya untuk mendapatkan jawaban dari Siri. Misalnya, "Hey Siri, apakah saya terkena virus Korona?".

    Nantinya, Siri akan memberikan beberapa pertanyaan yang bisa pengguna jawab. Secara bertahap Siri akan memberikan panduan seperti gejala apa yang pengguna rasakan. Kemudian memandu Anda mengajukan pemeriksaan ke pihak medis terkait.

    Apabila gejala yang Anda jelaskan kepada Siri terdeteksi termasuk dalam tahap yang sudah membahayakan, secara otomatis Siri akan membuat panggilan darurat ke layanan 911. Sebelumnya, Apple juga sudah mengembangkan aplikasi serupa.

    Perbedaannya, aplikasi yang dikembangkan menyediakan layanan telehealth atau konsultasi kesehatan jarak jauh. Apple bekerja sama dengan lembaga CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat untuk memberikan layanan ini.

    Bukan cuma Apple, Facebook dan Google juga dikabarkan sudah menyediakan layanan seperti yang dimiliki Siri. Di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Facebook Inc menyediakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pengguna terkait virus korona.


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id