Produsen Casing PC Gaming Ciptakan Ventilator untuk Pasien Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 April 2020 09:55 WIB
    Produsen Casing PC Gaming Ciptakan Ventilator untuk Pasien Virus Korona
    CEO Maingear, Wallace Santos memperkenalkan desain ventilator Maingear Live.
    Jakarta: Industri game ikut turun tangan membantu tenaga medis menghadapi pandemi virus Korona atau Covid-19. Terbaru adalah perusahan kustomisasi casing atau sasis PC gaming merek Maingear asal Amerika Serikat yang memberikan bantuan merespon langkanya alat ventilator untuk pasien virus Korona.

    Teknisi Maingear telah berhasil membuat desain alat sejenis ventilator yang canggih dengan fungsi yang sama seperti produk perusahaan alat medis tapi dengan ukuran yang jauh lebih ringkas. Produk ini diberi nama Maingear Liv.

    Dikutip dari The Verge, Maingear Liv diproduksi menggunakan teknologi 3D printing dan sengaja dibuat desain ringkas. CEO Maingear, Wallace Santos menjelaskan bahwa dia ingin menyediakan lata ventilator yang harganya sangat terjangkau dibandingkan ventilator di pasar.

    Kemudian penggunaannya juga sangat mudah yaitu hanya dari aplikasi di tablet yang terhubung ke Maingear Liv.

    Baca: Produsen Aksesoris Gaming Razer Siapkan Pabrik Masker Canggih

    "Kami menggabungkan beragam masukan dari ahli medis dalam dua minggu kami sudha bisa menciptakan alat ini," tutur Santos. Saat ini Maingear Live sendiri sedang dalam proses menunggu sertifikasi dari badan lembaga obat-obatan Amerika Serikat FDA dan nantinya akan diproduksi dalam jumlah banyak.

    Tablet yang digunakan adalah NVIDIA Shield yang memiliki aplikasi khusus sehingga semua fungsi ventilator yang biasa ditemukan di perangkat tersebut bisa dengan mudah diakses dan dipantau lewat tablet. Jadi desain ventilator Maingear Live terlihat lebih minimalis. Santos sendiri ingin ventilator ini juga bisa digunakan di rumah.

    "Kami mendesainnya dengan fokus kemampuan untuk skalabilitas (ditingkatkan), harga, serta kemampuan untuk bisa dibongkar pasang dengan mudah di lapangan sata dibutuhkan," ucap Santos. Dia memohon agar siapapun bisa membagikan informasi ini kepada pihak terkait terutama pemerintah yang membutuhkannya.

    Baca: Akibat Virus Korona, Nintendo Switch Langka dan Harganya Meroket

    Beberapa negara termasuk Amerika Serikat dilaporkan mengalami masalah dalam jumlah ventilator yang tersedia. Bahkan beberapa perusahaan otomotif seperti Tesla milik Elon Musk juga ikut memproduksi ventilator. Foxconn yang dikenal merakit iPhone juga akan ikut memproduksi ventilator.

    Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang bekerja memasok oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dari organ pernapasan penggunanya. Alat ini digunakan pada pasien yang sudah kesulitan untuk bernapas secara normal.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id