Oracle Menangkan Kesepakatan untuk Operasional TikTok di AS

    Lufthi Anggraeni - 14 September 2020 10:00 WIB
    Oracle Menangkan Kesepakatan untuk Operasional TikTok di AS
    Oracle memenangkan kesepakatan untuk mengelola operasional cloud TikTok di Amerika Serikat.
    Jakarta: Oracle dilaporkan memenangkan kesepakatan untuk mengelola operasional cloud TikTok di wilayah Amerika Serikat. Oracle telah dirumorkan menjadi bagian dari proses penawaran untuk mengakuisisi TikTok.

    Namun, Wall Street Journal melaporkan bahwa perusahaan ini telah terpilih hanya sebagai mitra teknologi. Hal ini berbeda dari penjualan langsung, dan mengindikasikan bahwa Oracle akan membantu menjalankan operasional TikTok di Amerika Serikat dengan teknologi cloud miliknya.

    Pemberitaan terkait kesepakatan Oracle ini muncul berselang satu jam setelah Microsoft mengungkap bahwa pihaknya tidak lagi berusaha mengakuisisi TikTok, setelah penawarannya ditolak oleh pemilik TikTok, ByteDance.

    Microsoft telah berusaha mengakuisisi operasional TikTok di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Dengan penolakan kepada Microsoft ini, Oracle justru memenangkan penawaran sebagai mitra teknologi.

    Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif pada tanggal 6 Agustus lalu, memblokir seluruh transaksi dengan ByteDance. Dan perintah ini mengharuskan perusahaan asal Amerika Serikat untuk membeli bisnis TikTok di negara tersebut.

    Perintah Eksekutif ini dipersiapkan untuk berlaku dalam kurun waktu 45 hari setelah ditandatangani, namun Presiden Trump kemudian menandatangani perintah lanjutan, memberikan ByteDance waktu selama 90 hari untuk menjual atau melepaskan TikTok di Amerika Serikat.

    Perintah ini merupakan hasil dari investigasi kepada ByteDance oleh Committee on Foreign Investment in the US (CFIUS), yang mengkaji akuisisi asing dari perusahaan Amerika Serikat untuk risiko keamanan potensial.

    Oracle mencetak sejarah kolaborasi dengan pemerintah Amerika Serikat, menjadikan kerjasamanya dengan TikTok sebagai langkah strategis di tengah arus oposisi yang berkembang melalui Gedung Putih dan Kongres.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id