Situs Pemerintah India Terinfeksi Kode Cryptojacking

    Ellavie Ichlasa Amalia - 17 September 2018 17:22 WIB
    Situs Pemerintah India Terinfeksi Kode Cryptojacking
    Ilustrasi.
    Jakarta: Epidemi cryptojacking telah menyebar hingga ke India. Belum lama ini diketahui bahwa ada banyak situs pemerintah India yang terinfeksi malware penambang cryptocurrency yang bertujuan untuk memanfaatkan komputer pengunjung untuk menambang koin virtual. 

    Beberapa situs pemerintahan yang diserang oleh para kriminal siber ini antara lain situs pemerintah kota Andhra Pradesh, Tirupati Municipal Corporation, dan situs pemerintah kota Macherla, menurut laporan India Times

    Malware ini pertama kali ditemukan oleh sekelompok peneliti asal Guwahati, yaitu Shakil Ahmed, Anish Sarma dan Indrajeet Bhuyan. Grup itu mengidentifikasi bahwa situs-situs yang terinfeksi merupakan subdomain dari situs-situs yang paling sering dikunjungi di India. 

    Pemerintah India telah mengonfirmasi serangan ini. Kemarin, situs-situs yang terinfeksi masih aktif menambang cyrptocurrency, lapor The Next Web. Masih belum diketahui seberapa banyak cryptocurrency yang ditambang oleh situs yang terinfeksi.

    Dikabarkan, situs yang terinfeksi memiliki kode CoinHive, yang digunakan untuk menambang mata uang virtual Monero. 

    Selain situs-situs pemerintah, ada 119 situs India lain yang juga diketahui terinfeksi kode CoinHive.

    CoinHive -- atau skrip cryptojacking lainnya -- bekerja dengan menjalankan kode tertentu pada situs sehingga ia bisa menggunakan daya komputasi dari komputer pengunjung untuk menambang cryptocurrency. Kemungkinan besar, para pengunjung tidak akan menyadari hal itu. 

    Dengan skema ini, pengunjung situs yang terinfeksi akan dikenakan beban biaya listrik sementara dalang di balik serangan justru bisa mendapatkan untung dengan menambang cryptocurrency



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id