Tim Garuda Muda Juarai Ajang Kontes Robot Nusantara 2019

    Lufthi Anggraeni - 21 Oktober 2019 17:58 WIB
    Tim Garuda Muda Juarai Ajang Kontes Robot Nusantara 2019
    Tim Garuda Merah meraih juara pertama pada kategori Creative MRT Junior di Kontes Robot Nusantara.
    Jakarta: Tim Garuda Merah kembali prestasi dengan meraih juara pertama pada kategori Creative MRT Junior di Kontes Robot Nusantara (KRON). Prestasi ini diraih tim Garuda Mera melalui proyek bertajuk Robot Autonomous Sampah atau Robot RASA.

    Sebelumnya, Tim Garuda Merah juga meraih juara ketiga dalam kategori robot kreatif di ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) 2019, yang diselenggarakan di Daejeon, Korea Selatan pada bulan Agustus lalu.

    Tim ini terdiri dari Rakha Hanif Lutfirrahman (12) dari MTs Pembangunan UIN sebagai Programmer, Muhammad Banyu Baskoro (11) dari Sekolah Alam Al Giva Bogor dan anggota Club Nano Robotic Bogor yang berperan sebagai Equipment Setting, Nyoman Satria Wirya Naradhipa (10) dari Sekolah Taruna Bangsa Sentul City Bogor dan anggota Club Nano Robotic Bogor sebagai Designer dan Alkhan Abdiela Hidayat (9) dari SD Dian Didaktika sebagai Assembly Engineer.

    Setelah menjuarai KRON yang diselenggarakan pada 20 Oktober lalu di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Ciputat, Tangerang Selatan, tim Garuda Merah berkesempatan menjajal kompetisi tahap selanjutnya yang dilaksanakan di Thailand.

    Melalui proyek ini yang menggunakan sistem pengolahan sampah karya mereka, tim Garuda Merah berharap sampah yang menumpuk untuk diangkut oleh truk autonomous, sehingga dapat dipergunakan sebagai sumber energi listrik berkelanjutan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Sampah.

    Tidak hanya mengatasi sampah, sistem pengolahan sampah ini juga ditujukan untuk membantu dalam proses membersihkan dan meningkatkan kualitas air di saluran pembuangan air, guna  mendukung kelestarian sumber daya air. 

    Pada sistem ini, tim Garuda Merah menggunakan sejumlah komponen yaitu truk sampah, tempat sampah, pintu air, tempat pembuangan akhir dan kincir udara. Truk sampah dibekali sejumlah komponen, terdiri dari sensor inframerah (IR), Motor DC, Motor Servo, Mainboard.

    Tidak hanya pada truk, sensor IR, motor servo dan mainboard juga dibenamkan tim Garuda Merah pada tempat sampah. Sedangkan pada pintu air, terdapat motor DC dan sensor sentuh. Untuk tempat pembuangan akhir, tim ini melengkapinya dengan sensor IR, lampu LED dan mainboard, sedangkan kincir udara berbekal motor DC dan mainboard.  

    Secara teknis, sistem ini akan menuntun Truk Autonomous mengikuti garis dengan bantuan sensor IR hingga ke tempat sampah. Di tempat sampah, sensor IR bertugas untuk mendeteksi truk autonomous dalam waktu 10 detik dan kemudian membuang sampah.

    Sedangkan pintu Air bertugas untuk menyaring sampah dengan memanfaatkan touch sensor. Di TPA, sensor IR bertugas untuk mendeteksi sampah, memproses sampah dan menghidupkan lampu di kota.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id