Johnny G Plate Jadi Menkominfo Baru, Sertijab Siang Ini

    Lufthi Anggraeni - 23 Oktober 2019 11:34 WIB
    Johnny G Plate Jadi Menkominfo Baru, Sertijab Siang Ini
    Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate resmi menjadi pengganti Rudiantara sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Informasi ini disampaikan pada pengumuman kabinet baru Indonesia Maju.

    "Benar Johnny sebagai Menkominfo. Yang terkait cyber crime, kedalatan data industri, teknologi informasi, menjadi wilayah beliau," ujar Presiden Indonesia Joko Widodo.

    Spekulasi pemilihan Johnny G Plate sebagai Menkominfo telah beredar sejak hari Selasa lalu, saat pria yang mengaku telah mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR periode 2019-2024 sekaligus sebagai Ketua Fraksi NasDem di MPR RI ini memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo di istana negara.

    Spekulasi ini kian menguat, sebab Johnny hadir di istana dengan mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam, seragam khas menteri kabinet Presiden Jokowi. Hari ini, Johnny G Plate hadir di istana negara dengan mengenakan pakaian batik dan terlihat menyapa media.

    Sebagai informasi, batik merupakan pakaian khusus atau dresscode untuk menteri baru. Johnny juga menyebut bahwa dirinya juga akan menjelaskan keputusannya menjadi menteri dan mundur dari DPR kepada para pemilihnya di daerah pemilihan, dengan harapan agar tak terjadi salah paham.

    Johnny siang ini akan melakukan proses serah terima jabatan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di kawasan Medan Merdeka, Jakarta. 

    Johnny sebelumnya menyebut telah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terkait arahan penugasan yang akan dikerjakannya sebagai Menkominfo. Dalam diskusinya, Johnny menyebut keduanya membahas metode yang mungkin digunakan untuk mengembangkan startup.

    Selain itu, pembahasan juga berkisar pada bisnis decacorn, juga regulasi perlindungan data serta kebutuhan terkait data nasional yang harus dilindungi. Johnny menyebut Presiden Jokowi tidak menyampaikan penugasan secara spesifik, dan diyakininya akan disampaikan pada hari ini.

    Pengumuman jajaran Menteri di kabinet baru ini juga mendapatkan sambutan dari warganet, termasuk pengguna Twitter. Pengguna jejaring sosial ini ikut merayakan pengumuman tersebut melalui sejumlah tagar, salah satunya adalah KabinetIndonesiaMaju.

    Selain menyematkan daftar nama Menteri baru, warganet tidak lupa menyematkan doa dan harapannya terhadap wakil mereka tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id