Teknologi AI Ini Bisa Tebak Wajah Jodoh Kamu, Caranya?

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Maret 2021 14:14 WIB
    Teknologi AI Ini Bisa Tebak Wajah Jodoh Kamu, Caranya?
    Teknologi medis EEG digunakan untuk membaca reaksi otak penggunanya saat melihat karakteristik wajah lawan jenis.



    Jakarta: Kemampuan AI atau kecerdasan buatan sudah banyak muncul dalam teknologi sehari-hari namun belum pernah terbayangkan bahwa teknologi bisa menebak wajah dari jodoh atau lawan jenis yang kita sukai.

    Peneliti di University of Helsinki dan Copenhagen University dilaporkan sedang menguji coba teknologi tersebut yang bakal bisa mengalahkan aplikasi kencan online ternama Tinder.

     



    Dikutip dari Digital Trends, peneliti mengembangkan kemampuan AI untuk bisa meracik wajah manusia palsu hasil perpaduan berbagai wajah asli yang digabungkan. Wajah manusia palsu ini dibuat berdasarkan karakter lawan jenis yang kita sukai, misalnya bentuk rahang, alias, bibir, dan lainnya.

    Bagaimana kemampuan AI ini bisa mengetahui wajah jodoh atau lawan jenis yang kita sukai? Pertama, peneliti membuat sebuah database berisi sekitar 200.000 wajah selebritis ke dalam sejumlah file presentasi.

    Nantinya file presentasi berisi wajah atau foto tersebut diperlihatkan kepada peserta uji coba yang dilaporkan sekitar 30 orang. Mereka akan sambil menggunakan alat Electroencephalography atau EEG.

    Alat ini biasa digunakan di rumah sakit untuk pengecekan gelombang otak oleh ahli saraf dalam bentuk kabel pendeteksi yang ditempel ke permukaan kulit kepada dan terhubung ke komputer.

    Peneliti kemudian akan mengecek gelombang reaksi dari otak peserta uji coba saat melihat foto-foto atau wajah yang ditampilkan. Mereka tidak perlu mencatat, memberikan komentar atau melakukan apapun, gelombang otak akan tercatat oleh teknologi AI.

    Di sini AI akan menggunakan database berisi 200.000 wajah selebritis tadi untuk meracik wajah atau foto yang menampilkan beragam karakter wajah lawan jenis yang disukai oleh peserta. Jadi teknologi ini memprediksi wajah jodoh kita.

    "Dengan menangkap gelombang otak dari EEG sebagai reaksi setelah melihat wajah, kita bisa memprediksi apakah wajah tersebut dianggap menarik atau tidak," tutur peneliti University of Helsinki, Michiel Spape.

    "Informasi ini kemudian digunakan untuk melakukan pencarian di neural network model yang berisi 512 dimensional face-space dan membaca hal yang menarik menurut peserta eksperimen," jelasnya.

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id