Widya Wicara Prima, Speaker Cerdas karya Indonesia Resmi Meluncur

    Lufthi Anggraeni - 12 Mei 2020 13:38 WIB
    Widya Wicara Prima, Speaker Cerdas karya Indonesia Resmi Meluncur
    Widya WIcara Prima, speaker cerdas karya Indonesia hadir dukungan AI dan NLP.
    Jakarta: PT Widya Informasi Nusantara meluncurkan speaker cerdas bernama Widya Wicara Prima dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Neutral Language Processing (NLP). Kedua teknologi ini bertugas untuk memproses pertanyaan dan perintah suara dari pengguna.

    “Widya Wicara Prima kami harapkan bisa menjadi sahabat terutama di tengah kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Kami juga berharap perangkat ini dapat menjadi sarana dan wadah edukasi bagi masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ujar Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara Handlee Susanto.

    Widya Wicara Prima ini didukung oleh sejumlah fitur termasuk pemutar musik, radio, podcast, informasi terkait kesehatan, Pantau Corona, membaca Al-Qur’an, fitur Ramadan, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif, kalkulator, horoskop, dan tanya jawab.

    Untuk menyajikan informasi tersebut, PT Widya Informasi Nusantara bekerja sama dengan sejumlah mitra seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan lainnya.

    Chief Operation Officer (COO) PT Widya Informasi Nusantara Patrick Fernando Simamora menjelaskan, pengguna memanfaatkan seluruh fitur di speaker cerdas ini melalui perintah suara dan kata kunci Hai Widya atau Halo Widya, tanpa perlu menekan tombol.

    Widya Wicara Prima dapat diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet dan mengunduh aplikasi Widya Wicara di Google Playstore, yang disebut Patrick juga akan tersedia di toko aplikasi Apple, App Store, dalam waktu dekat.

    Selain itu, speaker cerdas ini masih mengandalkan hubungan dengan soket listrik untuk dapat berfungsi, meski dalam beberapa tahun mendatang, Patrick menyebut pihaknya akan menghadirkan speaker cerdas Widya Wicara Prima dengan dukungan baterai.

    Disinggung soal target pasar speaker ini, Handlee menyebut bahwa speaker cerdas Widya Wicara Prima menyasar seluruh lapisan masyarakat, sebab didukung konten dalam berbagai genre dan sesuai untuk berbagai usia.

    Sedangkan menyoal kompetitor, Handlee menyebut saat ini belum ada pesaing langsung dari speaker cerdas Widya Wicara Prima. Sebab saat ini, lanjut Handlee, belum tersedia speaker cerdas yang terfokus pada konten lokal dan bahasa Indonesia.

    Secara luas, Handlee menyebut bahwa Google Home Mini dapat menjadi salah satu perangkat yang dipertimbangkan pihaknya sebagai pesaing dari speaker cerdas Widya Wicara Prima. Speaker cerdas ini dipasarkan secara online melalui ecommerce Shopee.

    Meskipun demikian, PT Widya Informasi Nusantara menyebut tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dan memasarkan speaker cerdas karyanya ini di ecommerce lain. Selain itu, Widya Wicara Prima juga akan dipasarkan secara offline di sejumlah kota, yaitu Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makasar. 

    Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih, konsumen dapat membeli Widya Wicara Prima ini dengan harga Rp1.499.000.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id