Salah Kirim, Google Photos Bagikan Data Pengguna Lain

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Februari 2020 08:07 WIB
    Salah Kirim, Google Photos Bagikan Data Pengguna Lain
    Aplikasi Google Photos. (Shutterstock)
    Jakarta: Google Photos merupakan aplikasi serupa galeri foto dan video yang biasanya sudah langsung tersedia sebagai aplikasi bawaan di ponsel Android. 

    Dilaporkan bahwa aplikasi Google Photos memiliki masalah teknis yang serius. Aplikasi atau layanan ini ternyata mengirimkan data penggunanya ke pengguna yang lain alias tertukar. Akibatnya, data Anda yang sensitif mungkin tidak sengaja diterima pengguna lain.

    Kabar ini pertama kali diketahui dari email yang diterima oleh sebagian pengguna Google Photos, dikutip dari Android Central. Di dalamnya Google menyatakan permintaan maaf dan menjelaskan masalah teknis tersebut.

    Google menyebutkan bahwa permasalahan teknis ini terjadi pada 21 November dan 25 November 2019. Pengguna Google Photos yang ingin mengunduh foto atau video yang mereka simpan justru terunduh atau diterima ke pengguna yang lain.

    Diketahui bahwa layanan Google Photos mengandalkan kapasitas penyimpanan cloud dari Google Drive. Jadi data seperti foto maupun video yang disimpan di dalamnya tidak akan memakan memori smartphone.

    Di pernyataan yang dibagikan Google, mereka mengklaim sudah mengatasi masalah teknis ini. Google meminta pengguna yang sudah mengunduh foto atau video yang bukan miliknya agar dihapus.

    Arrtinya, mau tidak mau akan ada sebagian data pengguna yang tersebar atau jatuh ke tangan pengguna lain. Dikutip dari sumber lain diklaim bahwa masalah teknis ini hanya menimpa 0,001 persen dari jumlah total pengguna Google Photos yang diklaim lebih dari satu miliar pengguna.

    "Kami menemukan bahwa beberapa pengguna yang mengunduh data justru menerima arsip atau video yang tidak lengkap dan bukan miliknya. Kami telah memperbaikinya dan melakukan analisis mendalam untuk mencegah hal ini terjadi lagi," tutur perwakilan Google, dikutip dari The Verge.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id