Profesional Setuju ITSM Tetap Efektif dalam Kerja Jarak Jauh

    Lufthi Anggraeni - 30 Juli 2020 10:18 WIB
    Profesional Setuju ITSM Tetap Efektif dalam Kerja Jarak Jauh
    Ilustrasi: Industry Today
    Jakarta: ManageEngine, divisi pengelolaan TI enterprise dari Zoho Corporation and pengembang ServiceDesk Plus, mengumumkan hasil surveinya, The State of ITSM in the Covid-19 Pandemic.
     
    Survei ini, dengan responden lebih dari 500 profesional TI global, menyoroti akibat dan tantangan yang disebabkan pandemic Covid-19 bagi tim-tim layanan TI.

    Survei ini berfokus pada lima aspek ITSM (IT Service Management), yaitu pengaruh terhadap karyawan yang bekerja jarak jauh, implikasi pengeloaan finansial dan asset, isu keamanan dan tata kelola, layanan pihak ketiga dan bantuan teknologi, serta tingkat keberhasilan keberlangsungan bisnis.
     
    Survei ini menghasilkan beberapa temuan penting yang harus diketahui perusahaan dan tim ketika mengadaptasi lingkungan kerja jarak jauh.

    Seiring dengan mulainya karyawan bekerja di luar perimeter perusahaan, data dan alat-alat yang ada di jaringan menjadi tidak bisa dijangkau. Karena itu, mayoritas (78 persen) profesional TI mengatasi rintangan ini dengan bertransisi ke layanan cloud.
     
    Lebih lanjut, tim IT global telah mengadopsi alat dan aplikasi baru untuk mengakomodasi tenaga kerja yang tersebar. Ini berujung pada meningkatnya kebutuhan untuk memperbarui artikel pengetahuan dan dokumentasi pengguna untuk mengaplikasikan berbagai teknologi baru.
     
    Sayangnya, dalam situasi sekarang yang penuh tekanan baru bagi service desk, cukup banyak perusahaan tidak memiliki teknologi layanan sendiri (28 persen) dan agen virtual (24 persen) untuk mengimbangi beban kerja tambahan.

    Bukti-bukti dari survei ini menunjukkan korelasi tinggi keberhasilan ITSM jarak jauh di berbagai perusahaan yang menggunakannya, sehingga sangat layak untuk berinvestasi dalamnya.
     
    Temuan-temuan penting lainnya menunjukkan terus adanya keprihatinan keamanan, dan harapan akan pengenalan lebih tinggi untuk upaya-upaya TI.
     
    Data lebih lanjut menunjukkan 72 persen professional TI menegaskan efektivitas berkelanjutan dari ITSM bahkan dalam berbagai skenario kerja jarak jauh. Namun, hanya satu dari dua perusahaan yang memiliki kebijakan BYOD untuk mendukung produktivitas berkelanjutan dalam lingkungan kerja jarak jauh baru.

    Sebanyak empat dari lima responden percaya IT akan lebih mengapresiasi dalam hal anggaran, gaji dan pengakuan upaya, setelah krisis ini berakhir. Saat ini hanya ada 15 persen perusahaan yang tidak dilengkapi dengan aplikasi dan alat yang dibutuhkan untuk bekerja jarak jauh.

    Hanya 40 persen perusahaan yang yakin setuju bahwa mereka dilengkapi untuk menangani peningkatan dalam keprihatinan keamanan dan privasi terkait dengan karyawan yang bekerja di luar kantor.

    Di antara perusahaan yang mengalih-daya ITSM, lebih dari 70 persen merasa puas dengan kinerja MSP mereka. Hal yang menarik, layanan mandiri IT tidak ada dalam 28 persen perusahaan yang menjadi responden.

    Sebagian besar perusahaan memiliki rencana keberlanjutan bisnis (business continuity plan – BCP), hanya 20 persen yang tidak memilikinya. BCP yang handal merupakan factor penting untuk keberhasilan dukungan TI jarak jauh. 

    “Pandemi ini telah membawa organisasi TI ke depan hanya dalam waktu singkat,” kata Rajesh Ganesan, Vice President, ManageEngine. “Seberapa baik kinerja perusahaan dalam beberapa bulan terakhir terkait pada seberapa baik organisasi TI memampukan kerja jarak jauh, dan tren ini akan terus berlanjut."

    "Seiring dengan bisnis yang terus berjuang untuk bertahan, bersaing dan menjadi pemimpin dalam waktu yang sulit ini, menutup celah-celah teknologi yang disorot dalam survei ini akan menjadi prioritas.”

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id