XL Catat Kenaikan Trafik Internet 10% Sejak Imbauan WFH

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Maret 2020 14:49 WIB
    XL Catat Kenaikan Trafik Internet 10% Sejak Imbauan WFH
    Ilustrasi.
    Jakarta: Satu per satu operator telekomunikasi mulai melaporkan trafik layanannya sejak berlakuknya imbauan WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2020.

    Terbaru, XL Axiata menyampaikan bahwa trafik layanan mereka meningkat rata-rata 10 persen. Peningkatan ini lebih besar dari hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional.

    Akses ke aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48 persen. Berdasarkan lokasi, layanan di Jabodetabek mengalami kenaikan trafik sebesar enam persen.

    "Di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15 persen dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah," tutur Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

    XL Axiata juga ikut menyediakan layanan gratis 2GB per hari untuk akses ke layanan tertentu untuk dimanfaatkan oleh penggunanya. Meksipun begitu Gede mengaku XL Axiata belum melakukan penambahan kapasitas jaringan yang ada.

    Mereka mengaku layanannya memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik dua kali lipat dari hari normal sejak awal. Gede tidak membantah selalu ada kemungkinan pihaknya menambah kapasitas jaringan apabila dibutuhkan.

    Dijelaskan XL Axiata, layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48 persen, Netflix 46 persen, Facebook 11 persen, Whatsapp 10 persen, dan Mobile Legend delapan persen.

    Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354 persen, Brainly 84 persen, Zenius 54 persen, dan Udemy 44 persen.

    Terjadi peningkatan juga di akses ke media sosial yang masih digunakan masyarakat untuk memantau perkembangan dan informasi virus Korona. kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 persen, Instagram dua persen, Youtube dan Twitter tiga persen.

    Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar dua persen, termasuk ke situ yang menyediakan informasi seputar Covid-19. Akses ke aplikasi media massa online juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata delapan persen.

    Berdasarkan lokasi, selain Jabodetabek, trafik data yang meningkat secara signifikan juga terjadi di Kabupaten Barru 19 persen, Kabupaten Bulukumba 18 persen, Kab. Pinrang 18 persen di Provinsi Sulawesi Selatan. Kemudian Provinsi Sumatera Utara di Kab. Labuhan Batu Selatan sebesar 16 persen dan di Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat sebesar 15 persen.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id