Blokir Dibuka, Telkom: Belum Ada Kesepakatan dengan Netflix

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 September 2020 12:21 WIB
    Blokir Dibuka, Telkom: Belum Ada Kesepakatan dengan Netflix
    Ilustrasi.
    Jakarta: Meskipun Netflix sudah bebas diakses dari layanan Telkom alias tidak lagi diblokir sejak 7 Juli 2020 namun pihak penyedia streaming film terlaris ini ternyata belum membuat kesepakatan komersial dengan Telkom.

    Direktur Wholesale & International Service Telkom, Dian Rachmawan, menyatakan bahwa hingga saat ini Netflix belum sepakat direct-peering untuk penyaluran heavy traffic konten video. Padahal, kontent HD video Netflix sangat rakus mengonsumsi bandwidth.

    "Belum tercapai kesepakatan komersial dan teknis antara Telkom dengan Netflix. Jika kondisi ini dibiarkan, belanja modal dan beban operasi hanya habis untuk peningkatan kapasitas jaringan demi Netflix saja," tuturnya.

    "Ini semua kami tanggung, sementara dari Netflix tak ada "pengorbanan" apapun, monopoli penggunaan bandwidth oleh Netfilx saat ini sudah besar," tambahnya.

    Memikirkan kualitas layanan, Dian menjelaskan bahwa seharunga Netflix tidak hanya meletakan server di Singapura tapi konten video resolusi tinggi ini juga harus terdistribusikan direct-peering ke jaringan CDN (Content Delivery Network) Telkom di Indonesia.

    Dian juga menyarankan kepada Netflix untuk membayar pajak penghasilan atas hasil dan manfaat ekonomi di yurisdiksi Indonesia, tidak hanya cukup memungut pajak PPN dari pelanggan Indonesia.

    Di Amerika Serikat, Netflix akhirnya di tahun 2014 membayar peering kepada seluruh layanan telekomunikasi dan ISP besar yaitu Comcast, Time Warner Cable, Verizon, dan AT&T, setelah sekitar dua tahun tidak mencapai kesepakatan.

    Telkom sendiri tetap membuka kesempatan bagi pelanggannya mengakses layanan Netflix dalam kondisi saat ini. Pihaknya menyarankan pengguna Indihome untuk meningkatkan bandwidth berlangganannya minimal 50mbps untuk kualitas layanan lebih stabil.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id