comscore

Netizen Geram Soal Penyalahgunaan NFT

Lufthi Anggraeni - 16 Januari 2022 10:44 WIB
Netizen Geram Soal Penyalahgunaan NFT
Sejumlah pengguna Facebook mengeluhkan penyalahgunaan platform NFT oleh pihak tidak bertanggungjawab.
Jakarta: Non-Fungible Token (NFT) mungkin masih asing di telinga sejumlah kalangan masyarakat. Istilah teknologi ini kini mulai banyak diperbincangkan setelah salah satu pengguna platform NFT meraup pendapatan hingga miliaran Rupiah setelah mendaftarkan foto dirinya.

Hal ini menggiurkan banyak pihak yang mulai berduyun-duyun mendaftarkan foto sejumlah benda pada platform NFT, salah satu yang saat ini paling dikenal masyarakat adalah OpenSea. Sayangnya, sejumlah pihak memanfaatkan NFT yang tengah menjadi tren ini dengan cara tidak tepat.
Menurut unggahan sejumlah pengguna Facebook menyuarakan pendapat mereka bahwa beberapa orang mencemarkan citra NFT yang sebenarnya dengan mengunggah foto yang dianggap vulgar sebagai token di platform OpenSea.

Netizen Geram Soal Penyalahgunaan NFT

Pengguna Facebook lain juga melaporkan pengguna OpenSea yang meresahkan masyarakat dengan menjadikan foto Kartu Identitas Penduduk (KTP) sebagai token pengenal digital unik. Hal ini memicu kemarahan masyarakat mengingat identitas pribadi merupakan hal yang sangat privasi.

Netizen Geram Soal Penyalahgunaan NFT

Unggahan NFT berupa foto KTP ini meresahkan masyarakat mengingat dalam beberapa tahun terakhir, kebocoran data pribadi dan tindak kejahatan yang memanfaatkan data pribadi orang lain kian marak.

Sementara itu, salah satu pengguna Facebook mengaku bahwa dirinya bukan pengunggah foto diri yang disebut masyarakat vulgar sebagai NFT. Pengguna bernama Nadia ini mengaku foto dirinya diunggah sebagai NFT oleh pihak tidak bertanggung jawab dan tanpa izin darinya.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak berwenang maupun pihak terkait menyoal penyalahgunaan platform NFT ini. Sebagai informasi, NFT adalah pengidentifikasi digital unik yang tidak dapat disalin, atau diganti.

NFT dicatat dalam blockchain dan digunakan untuk mengesahkan keaslian dan kepemilikan, atau sebagai aset digital tertentu dan hak khusus yang terkait dengannya. Selain dapat dipertukarkan, barang/aset yang dapat dipertukarkan dapat dibagi.

Ini berarti mereka dapat ditambahkan atau dibagi tanpa mengubah sifat dasar item tersebut. Satu dolar selalu dapat dibagi menjadi kombinasi koin apa pun yang berjumlah 100 sen dan mewakili nilai yang sama.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id