Cara Qualcomm Bawa Pengalaman Gaming Smartphone Bisa Sekelas PC

    Cahyandaru Kuncorojati - 06 Desember 2019 09:13 WIB
    Cara Qualcomm Bawa Pengalaman Gaming Smartphone Bisa Sekelas PC
    Snapdragon Elite Gaming terbaru fokus meningkatkan kualitas grafis game di smartphone bisa sekelas dengan di PC.
    Maui: Pasar industri game jelas menjadi incaran Qualcomm sejak tahun lalu, dan kini semakin serius. Bukan cuma konsisten merilis chipset dengan performa gaming di kelas menengah seperti Snapdragon 765G, banyak inovasi yang membuat pengalaman gaming di smartphone bisa sekelas PC.

    Pertama, kemampuan refresh rate layar. Qualcomm Snapdragon 865 diumumkan mampu memiliki refresh rate lebih tinggi. Mengapa ini penting? Refresh tinggi mendukung frame rate lebih tinggi, efeknya gambar yang disajikan lebih halus sekaligus tajam.

    Qualcomm Snapdragon 865 mampun mendukung layar dengan refresh rate maksimal menjadi 144Hz. Kemampuan ini adalah standar umum bagi monitor gaming PC. Tahun ini, refresh rate masih terbatas pada di 120Hz yang dibawa oleh Snapdragon 855. Misalnya, smartphone ASUS ROG Phone 2.

    Bukan cuma di kelas Snapdragon 800, seri gaming Snapdragon 765G juga membawa peningkatan refresh rate di smartphone kelas menengah. Tahun depan smartphone di kelas tersebut bakal bisa menikmati refresh rate 120Hz.

    Kedua adalah kemampuan rendering dari GPU. Di chipset Snapdragon 865 ada GPU Adreno 659 yang punya peningkatan performa 25 persen dibandingkan seri sebelumnya. Sementara Snapdragon 765G punya Adreno 620 dengan performa 10 persen lebih tinggi dari seri 765 orisinal.

    Cara Qualcomm Bawa Pengalaman Gaming Smartphone Bisa Sekelas PC

    Artinya, kemampuan rendering grafis di chipset yang diumumkan lebih baik dari generasi sebelumnya. Di tahap ini Qualcomm punya cara ketiga yaitu dengan memberikan upgrade di Snapdragon Elite Gaming.

    Snapdragon Elite Gaming, kombinasi opitmalisasi software dan hardware yang diperkenalkan sejak tahun lalu ini diumumkan pada Qualcomm Tech Summit 2019 berfokus ke kualitas grafis. Ada beberapa inovasi yang diumumkan di dalamnya.

    Update driver GPU adalah inovasi paling mutakhir. Bayangkan, GPU di smartphone bisa menerima update berkala seperti driver kartu grafis di PC. Artinya, GPU akan terus menerima optimalisasi untuk memenuhi peningkat kualitas grafis dari developer game.

    Hal ini akan membantu developer yang menyediakan update kualitas grafis di game mereka bisa sampai ke smartphone para gamer lewat Qualcomm. Mereka menyatakan sudah bekerja sama dengan Google untuk bisa menyediakan fitur update yang belum pernah ada di Android.

    Cara Qualcomm Bawa Pengalaman Gaming Smartphone Bisa Sekelas PC

    Kemampuan tersebut akan berdampak ke peningkatan kualitas grafis dari game. Peningkatan di Snapdragon Elite Gaming menyediakan dukungan kualitas grafis 10-bit HDR. Pengguna akan merasakan perbedaan yaitu warna dari grafis di game menjadi lebih kaya di game yang sudah bekerja sama dengan Qualcomm.

    Tidak cuma warna inovasi terbaru juga berfokus ke efek cahaya, bayangan, dan motion blur sekaligus tingkat ketajaman (depth of filed). Semua unsur grafis ini sudah sejak lama jadi fokus di kualitas grafis game di PC.

    Dalam demo yang diperlihatkan Qualcomm di Snapdragon Elite Gaming, peningkatkan unsur grafis yang disebutkan di atas tadi bisa menyajikan pengalaman baru. Rasa tampilan grafis game mobile menjadi setingkat dengan grafis di game PC.

    Qualcom menyatakan bahwa semua peningkatan di Snapdragon Elite Gaming tidak hanya ada di Snapdragon seri 800. Semua chipset Snapdragon seri 700 setelah Snapdragon 765 akan terus mendapatkan inovasi fitur ini. Diprediksi bahwa di 2020 akan ada banyak smartphone gaming yang bermodalkan Snapdragon 700.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id