NVIDIA Siapkan Seri SUPER ke Kelas NVIDIA GTX?

    Cahyandaru Kuncorojati - 09 September 2019 12:19 WIB
    NVIDIA Siapkan Seri SUPER ke Kelas NVIDIA GTX?
    Ilustrasi.
    Jakarta: Rumor terbaru kebali terdengar dari NVIDIA dan membuat sebagian konsumen kartu grafis menantikan kebenarannya. NVIDIA bakal membawa spesifikasi seri SUPER yang selama ini ada di jajaran GeForce RTX ke GeForce GTX.

    Namun, bukan seri GeForce GTX seri 10 atau yang lama melainkan terbaru yaitu GTX seri 16. Perlu dicatat bahwa rumor hanya menyebutkan kehadiran seri SUPER bakal ada di GTX 1660, bukan GTX 1650.

    Dikutip dari WCCFTech, kabar ini pertama kali terdengar di situs MyDrivers. Dari sumber tersebut diklaim bahwa NVIDIA sedang mengerjakan NVIDIA GTX 1660 SUPER. Spesifikasinya bakal mempertahankan jumlah stream prosesor yang terpasang di seri GTX 1660.

    Peningkatan pada GTX 1660 SUPER ditemukan pada spesifikasi memori yang digunakan. Kartu grafis ini diklaim nantinya akan menggunakan 6GB GDDR6 di 14Gbps. Berbeda dari GTX 1660 yang memiliki spesifikasi 6GB GDDR5 8Gbps.

    Masih menganut prinsip yang sama di GeForce RTX SUPER, spesifikasi GTX GeForce GTX SUPER masih akan lebih tinggi dari versi Ti. Dari spesifikasi GTX 1660 SUPER dipastikan lebih tinggi dari GTX 1660 Ti yang memiliki bandwidth 12Gbps.

    Dari informasi tersebut beredar juga bocoran mengenai strategi harga yang akan dipasang untuk NVIDIA GeForce GTX 1660 SUPER. Mengingat kartu grafis ini memiliki performa di atas GTX 1660 Ti tapi harganya justru akan berada di antara harga seri GTX 1660 dan GTX 1660 Ti.

    Harga NVIDIA GeForce dirumorkan akan dibanderol USD250 atau sekitar Rp3,5 juta. Melihat harganya yang lebih murah dari GTX 1660 Ti justru NVIDIA disebut tidak akan menarik kartu grafis tersebut dan membiarkan keduanya tersedia di pasar.

    Hal yang sama juga dilakukan oleh NVIDIA saat mengumumkan seri SUPER di NVIDIA RTX 2060 SUPER dan RTX 2070 SUPER. NVIDIA menyatakan tidak akan menyediakan seri SUPER untuk RTX 2080 sebagai kelas tertinggi.

    Banyak pihak menilai bahwa langkah ini dilakukan NVIDIA untuk mengatasi rumor soal AMD yang akan merilis kartu grafis terbaru dan dibanderol sangat terjangkau yaitu di bawah USD200 atau sekitar Rp2,8 juta.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id