WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Hapus Pesan Otomatis

    Lufthi Anggraeni - 28 November 2019 13:14 WIB
    WhatsApp Segera Hadirkan Fitur Hapus Pesan Otomatis
    WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru, berkemampuan menghapus pesan secara otomatis.
    Jakarta: WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru, berkemampuan menghapus pesan secara otomatis setelah mencapai batas waktu yang ditentukan pengguna. Versi awal dari fitur ini diuji oleh situs penggemar WABetaInfo.
     
    Fitur yang berubah nama dari Disappearing Messages menjadi Delete Messages ini tengah diuji dalam mode beta. WABetaInfo melaporkan bahwa sebelumnya, fitur bertajuk Disappearing Messages tersedia dalam WhatsApp versi 2.19.282.
     
    Selain itu, WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp mulai mengembangkan versi update 2.19.348, dan memutuskan untuk kembali menghadirkan fitur Disappearing Message tersebut, namun mengubah namanya menjadi Delete Messages.
     
    Setelah tersedia, fitur Delete Message akan hadir dengan tombol on dan off, dan pengguna dapat memilih batas waktu penghapusan pesan secara otomatis dari opsi yang tersedia, terdiri dari satu jam, satu minggu, satu bulan atau satu tahun.
     
    Sejumlah pengguna juga dilaporkan telah mendaftarkan diri pada program beta Google Play dapat mengunduh versi terbaru. Pengguna ini juga dapat melakukan update secara manual dengan mengunduhnya dari APK yang tersedia di platform APK Mirror.
     
    Menurut WABetaInfo, di awal kemunculannya, fitur ini akan tersedia untuk percakapan grup dan dapat diaktifkan oleh admin grup. Setelah diaktifkan, fitur ini dapat diaktifkan di Contact Info atau Group Settings.
     
    Sebelumnya, laporan video yang disusupi malware untuk tersebar via WhatsApp, pertama kali diketahui lewat pengumuman yang dibuat Facebook sebagai sister company dari WhatsApp. Jenis serangannya yang bisa dilakukan juga tidak main-main.
     
    Jenis serangan yang bisa diakibatkan oleh malware tersebut adalah serangan Denial of Services (DoS) yang membuat koneksi internet ke perangkat bermasalah. Satu lagi adalah Remote Code Execution atau kata lainnya kendali perangkat diambil alih pelaku serangan tanpa disadari.
     
    Laporan keamanan dari badan Indian Computer Emergency Response Team (CERT India) menyatakan ancaman keamanan ini tingkat tinggi. Mereka menyarankan pengguna WhatsApp melakukan update sistem atau aplikasi ke versi terbaru.
     
    Sementara itu, sejumlah Redditor menyebut bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp mengonsumsi terlalu banyak daya, menyebabkan daya baterai sejumlah perangkat seperti OnePlus 6, Samsung Galaxy S10e, Galaxy S9, Google Pixel 3 dan 4 cepat habis.
     
    Salah satu pengguna OnePlus 6 mengeluh bahwa setelah melakukan update ke versi WhatsApp lebih baru dengan dukungan fitur Unlock With Fingerprint, ponsel menampilkan pemilik menggunakan aplikasi ini selama 1,5 jam meski dirinya belum mengakses aplikasi pada hari laporan tersebut muncul.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id