comscore

Kementerian Kominfo Bakal Awasi Tren Marketplace NFT

Cahyandaru Kuncorojati - 16 Januari 2022 15:04 WIB
Kementerian Kominfo Bakal Awasi Tren Marketplace NFT
Ilustrasi platform penjualan NFT.
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung merespon tren penjualan Non-Fungible Token (NFT) di marketplace OpenSea yang menghebohkan netizen Tanah Air. Hal ini karena tren tersebut mulai mengancam privasi dan data pribadi warga negara Indonesia.

Plaftform OpenSea mendadak dipenuhi banyak unggahan untuk dijual sebagai aset NFT setelah kabar sosok Ghozali Everyday mendadak jadi jutawan dengan menjual NFT berupa foto selfie.
Platform tersebut tiba-tiba dipenuhi unggahan serupa, namun yang paling buruk adalah adanya unggahan berupa foto KTP hingga selfie KTP. Belum diketahui pengunggah data tersebut memang orang yang wajahnya muncul difoto atau sejumlah pihak tidak bertanggung jawab.

Hal ini dinilai berbahaya karena diketahui maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal kerap menggunakan data pribadi yang bocor yaitu foto selfie dan KTP. Juru bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengaku pihaknya akan menindak tegas pengunggah dan penyedia platform.

“Kementerian Kominfo mengingatkan para platfom transaksi NFT untuk memastikan platformnya tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan, baik berupa pelanggaran ketentuan pelindungan data pribadi, hingga pelanggaran hak kekayaan intelektual,” jelasnya.

Pihak Kementerian Kominfo menyatakan bekerja sama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Kementerian Perdagangan (Bappebti) selaku Lembaga berwenang dalam tata kelola perdagangan aset kripto.

“Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat untuk dapat merespon tren transaksi NFT dengan lebih bijak sehingga potensi ekonomi dari pemanfaatan NFT tidak menimbulkan dampak negatif maupun melanggar hukum,” ungkap Dedy.

“Kementerian Kominfo akan mengambil tindakan tegas dengan melakukan koordinasi bersama Bappebti, Kepolisian, dan Kementerian/Lembaga lainnya untuk melakukan tindakan hukum bagi pengguna platform transaksi NFT,” pungkasnya.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id