Sirclo Akuisisi Marketplace Parenting Orami

    Mohammad Mamduh - 09 April 2021 09:38 WIB
    Sirclo Akuisisi Marketplace Parenting Orami
    Kiri ke Kanan: CEO Orami Ferry Tenka, CEO Sirclo Brian Marshal, Venture Advisor East Ventures Triawan Munaf



    Jakarta: Perusahaan e-commerce enabler Sirclo mengumumkan akuisisi atas Orami, platform parenting yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community dalam satu aplikasi.

    Kedua perusahaan memanfaatkan kekuatannya di bidang teknologi guna menyediakan layanan digital dari hulu ke hilir guna meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih banyak.
     
    Melalui akuisisi ini, para merek yang bekerja sama dengan Sirclo dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke e-commerce dan menyerahkan pengelolaan penjualannya kepada Sirclo melalui solusi omnichannel yang dihadirkan.
     
    Kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 merek dari skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia.






    “Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” kata Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer Sirclo. 
     
    Sirclo diklaim menawarkan sejumlah solusi, seperti Sirclo Store bagi UMKM dan Sirclo Commerce bagi enterprise untuk memasuki jalur distribusi online. Pada tahun 2020, Sirclo mencatat lonjakan transaksi hingga 4 kali lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19.

    Sirclo juga berada di menghasilkan keuntungan operasional di akhir tahun 2020, dengan omset gabungan mencapai Rp3,3 triliun.
     
    Sementara Orami merupakan layanan parenting yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community di dalam satu ekosistem. Orami juga menjadi e-commerce vertical yang diklaim paling banyak dikunjungi di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 5 juta per bulan.

    Melalui ini, Sirclo dan Orami bermisi mendongkrak potensi social commerce untuk memberdayakan mompreneurs berbisnis serta memiliki penghasilan tambahan dengan cara menjual ragam produk dalam platform Orami ke komunitas sekitar.
     
    "Kami melihat sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen,” ujar Ferry Tenka, CEO Orami.
     
    “Akuisisi Orami oleh Sirclo adalah langkah strategis yang akan mengakselerasi kemampuan Sirclo untuk melayani brand owner dan UMKM dengan lebih baik. Sirclo berada di waktu dan posisi yang tepat di kancah transformasi digital. Kami menunggu gebrakan-gebrakan dari tim gabungan ini,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner di East Ventures.
     
    Aksi akuisisi Orami akan menggabungkan hampir 1.000 karyawan, dan Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan yang ditawarkan Sirclo. Ferry Tenka akan mengambil posisi baru sebagai Chief Marketing Officer Sirclo dan Hendrawan Kartika (President Orami) sebagai Chief Financial Officer Sirclo.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id