Begini Cara Smartphone Bisa Ciptakan Kualitas Video Sekelas Film

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Januari 2021 08:27 WIB
    Begini Cara Smartphone Bisa Ciptakan Kualitas Video Sekelas Film
    Samsung Galaxy Note 20 Series.
    Jakarta: Kemampuan kamera di smartphone semakin canggih. Di tengah kepopuleran konten video kini banyak pengguna smartphone yang semakin terdorong ingin mengeksplorasi kemampuannya mencipatakan video berkualitas.

    Hal ini kemudian memancing inisiatif dari vendor smartphone untuk membuat sebuah workshop yang berisi kesempatan untuk berbagi tips menciptakan video sekelas film dengan kemampuan kamera smartphone.

    Misalnya, Galaxy Movie Studios 2020 yang digagas oleh Samsung beberapa waktu lalu membagikan tips memanfaatkan kamera smartphone dalam proses produksi film seperti yang dilakukan para sineas muda ternama Tanah Air.

    Di sini dibagikan beberapa tips untuk menciptakan video sekelas film mengandalkan kamera dari Samsung Galaxy Note 20 Series, berikut beberapa tipsnya:

    1. Atur kamera pada mode dengan kualitas tertinggi
    Dengan pengaturan ini, hasil mentahan video dapat diedit secara lebih leluasa. Gunakan mode 8K pada Galaxy Note20 Series untuk hasil maksimal dan tidak pecah. Bahkan still cut video dapat diolah selayaknya hasil foto dengan High Definition.

    2. Tentukan pengaturan kamera dengan hasil video yang flat (tanpa filter apapun)
    Membiarkan video dengan hasil tanpa auto correction dapat mempermudah proses post-produksi dengan treatment yang tidak terbatas dari color grading hingga finishing.

    3. Pelajari letak mikrofon. Penggunaan smartphone tentu menjadi keterbatasan di segi perekaman suara. Namun dengan Multisource Microphone, pengguna bisa lebih fleksibel mengatur titik sumber suara baik dari depan (front), belakang (rear) ataupun mono, tergantung kebutuhan adegan.

    4. Manfaatkan fungsi Zoom 
    Penggunaan zoom dapat dimanfaatkan untuk memberi aksen dan dinamika dalam penerjemahan suatu reka adegan. Pengaturan fokus yang berpidah dari satu subjek/objek ke subjek/objek lain bisa diekplorasi untuk memperkaya visual yang lebih sinematik.

    5. Jangan lupa tandai setiap adegan yang akan diambil
    Hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan gambar adalah mengetahui adegan apa saja yang perlu direkam dan bagaimana merekamnya berdasarkan perencanaan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id