Indonesian Young Coders League Dukung Talenta Muda Indonesia

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 April 2021 10:22 WIB
    Indonesian Young Coders League Dukung Talenta Muda Indonesia
    Leaderboard Top 10 Indonesia Young Coders League (IYCL)



    Jakarta: Teknologi kini menjadi salah satu industri yang paling disorot dan menarik banyak talenta muda untuk berkontribusi memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat.

    Sayangnya, di Indonesia sendiri masih ada anggapan bahwa kesempatan untuk berkecimpung di bidang teknologi hanya terbuka bagi talenta dengan latar belakang Information Technology (IT) saja.
     
    Dengan latar belakang tersebut, Mekari menginisiasi Indonesia Young Coders League (IYCL), sebuah kompetisi coding bergengsi yang terbuka bagi para talenta muda dengan minat di bidang teknologi, yang bekerjasama dengan Money Forward, startup fintech berbasis di Jepang.






    Melalui IYCL, Mekari bersama Money Forward berharap bisa memberikan wadah dan kesempatan bagi talenta muda untuk berlatih sekaligus bersaing untuk menunjukkan pengetahuan, bakat, dan kompetensi di ranah coding.
     
    “Banyak sekali talenta muda yang berbakat dan menunjukkan antusiasmenya di bidang teknologi tanpa memiliki latar belakang IT. Peserta yang bergabung di IYCL sangatlah beragam, seperti siswa SMK hingga mahasiswa dengan latar belakang HR atau geofisika," kata Suwandi Soh, CEO Mekari.

    "Hal ini memperkuat bahwa teknologi dan keterbukaan informasi saat ini membuat siapapun bisa belajar dan memperdalam minatnya di coding. Melalui IYCL, kami coba memfasilitasi mereka untuk mengasah skill dan menemukan bibit unggul yang bisa mendorong teknologi Indonesia lebih maju lagi.”
     
    IYCL telah membuka pendaftaran sejak bulan Februari 2021. Sebanyak 1.000 talenta muda Indonesia bergabung menjadi peserta. Seluruh peserta telah mengikuti tahapan “Assignment Day” pada 19 Maret lalu, dan telah terseleksi sebanyak 100 peserta.
     
    “Di sesi assignment day, seluruh peserta diberikan satu studi kasus terkait coding untuk dipecahkan dengan beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan. Ketepatan solusi menjadi porsi utama dalam penentuan skor yang diikuti oleh ketepatan waktu pengumpulan," ungkap Adani Arisy Head of Engineering Mekari dan salah satu test maker IYCL.

    "Namun, faktor akhir sebagai penentu skor adalah kecepatan pengumpulan solusi yang menentukan peserta mana mendapat ranking lebih tinggi atau rendah meskipun skor ketepatan yang diraih sama."
     
    Salah satu peserta IYCL, Muhammad Hasan dari Institut Teknologi Bandung, berhasil menduduki peringkat pertama di National Leaderboard. “Kompetisi coding yang menerapkan sistem leaderboard menjadi penting bagi peserta untuk mengukur kemampuan dan memotivasi kita terus berkembang," jelasnya.

    "Saya senang sekali bisa menduduki peringkat pertama yang menandakan kerja keras saya membuahkan hasil. Namun, tidak boleh puas dulu karena mimpi saya bisa ikut kompetisi coding di tingkat internasional, jadi saya harus terus berlatih.”
     
    Sebanyak 100 peserta yang telah lolos dalam Assignment Day ini akan kembali diseleksi lagi untuk masuk ke babak finalis dan kemudian mengikuti sesi User Interview di bulan April ini sebelum diumumkan sebagai pemenang.
     
    “Para pemenang IYCL mendapat kesempatan untuk memulai karir di Mekari atau mendapatkan exposure yang lebih besar dengan bergabung bersama Money Forward di Jepang,” pungkas Suwandi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id