Analisis Sinyal Luar Angkasa Temukan Potensi Keberadaan Alien

    Riandanu Madi Utomo - 22 November 2017 22:13 WIB
    Analisis Sinyal Luar Angkasa Temukan Potensi Keberadaan Alien
    Ilmuwan analisa sinyal asing yang terakam dari luar angkasa
    Jakarta: Hingga saat ini ilmuwan memang belum menemukan tanda-tanda adanya kehidupan lain selain di Bumi. Berbagai petunjuk yang ditemukan ilmuwan hingga saat ini belum ada yang terbukti dan semuanya masih berupa perkiraan dan asumsi.

    Namun, bagaimana jika selama ini alien juga berusaha menghubungi kita dari planet yangs angat jauh?

    Menurut Futurism, selama ini ada banyak sekali sinyal asing termasuk radiasi kosmik yang membombardir teleskop antariksa baik yang di Bumi maupun di luar angkasa. Mungkinkah di antaranya merupakan sinyal komunikasi dari makhluk hidpu lain yang belum kita pahami? 

    Analisis Sinyal Luar Angkasa Temukan Potensi Keberadaan Alien

    Itulah yang dikerjakan oleh ilmuwan E.F. Borra dan E. Trottier. Dua ilmuwan asal Laval University Canada tersebut menganalisis data spektrum gelombang dari berbagai bintang yang membombardir teleskop antariksa, dan hasilnya cukup mengejutkan.

    Dari sejumlah data spektrum dari 2,3 bintang yang dianalisa oleh dua ilmuwan tersebut, ada sejumlah spektrum dari 234 bintang yang memiliki pola unik. Dibandingkan dengan seluruh data yang dianalisis, jumlahnya memang sangat sedikit, tetapi spektrum tersebut memiliki kemungkinan tinggi sebagai sinyal asing.

    Analisis Sinyal Luar Angkasa Temukan Potensi Keberadaan Alien

    Kedua ilmuwan itu mengelompokkan berbagai spektrum sinyal menjadi beberapa kategori. Namun, yang menjadi perhatian utama keduanya adalah spektrum dengan kategori F2 hingga K1.

    Spektrum dengan kategori tersebut sangat dekat dengan berbagai spektrum di sistem tata surya kita yang hingga kini merupakan satu-satunya tata surya dengan makhluk hidup.

    Tentu saja temuan ini masih merupakan kemungkinan dan belum bisa dibuktikan apakah spektrum sinyal tersebut merupakan bentuk komunikasi dari alien dari sistem tata surya lain.

    Riset kedua ilmuwan ini masih berlanjut untuk menganalisis lebih jauh apakah spektrum sinyal tersebut terjadi secara alami atau merupakan buatan makhluk asing.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id