NVIDIA Siapkan GPU Turing, untuk Tambang Bitcoin?

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Februari 2018 14:24 WIB
    NVIDIA Siapkan GPU Turing, untuk Tambang Bitcoin?
    CEO NVIDIA Jensen Huang.
    Jakarta: Beredar kabar bahwa NVIDIA akan merilis GPU terbaru bulan depan dengan nama Turing. Belum diketahui apakah GPU tersebut kali ini untuk gamer atau cryptomining.

    Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa NVIDIA akan membawa GPU dengan arsitektur dan brand terbaru bernama Ampere. Namun hal tersebut menjadi diragukan setelah Reuters menyebut NVIDIA akan merilis GPU bernama Turing di bulan Maret.

    Hal ini memunculkan beberapa spekulasi, pertama, bisa saja nama Ampere diganti oleh NVIDIA karena nama tersebut sama dengan nama perusahaan baru yang dibuat oleh mantang petinggi ARM, produsen semikonduktor.

    Spekulasi kedua adalah NVIDIA menyiapkan dua jenis GPU terbaru sekaligus, yakni Ampere dan Turing. Spekulasi yang ini cukup dinantikan mengingat laporan finansial NVIDIA kemarin menyebutkan tren cryptomining tidak sengaja berkontribusi ke pendapatan mereka.

    Seperti yang diketahui, NVIDIA kurang mendukung penjualan komponennya untuk cryptomining karena sejak awal mereka menargetkan kalangan gamer. Alhasil banyak gamer yang mengeluhkan harga jual ritel komponen GPU NVIDIA melonjak sekaligus langka.

    Sebagai tambahan atas spekulasi tadi, nama Turing serupa dengan nama ahli kriptografi di era Perang Dunia II asal Amerika Serikat bernama Alan Turing, yang berhasil memecahkan pesan enkripsi dari pasukan Nazi yang berhasil membuat Sekutu menang dalam perang tersebut.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id