12 Ribu Akses Internet Baru Dibangun di 2020

    Theofilus Ifan Sucipto - 13 November 2019 20:18 WIB
    12 Ribu Akses Internet Baru Dibangun di 2020
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memaparkan program pemerintah pusat ke pemimpin daerah se-Indonesia. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Bogor: Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana semakin meratakan akses komunikasi di Indonesia. Salah satunya lewat pembangunan 12 ribu akses internet baru.

    "Kami ingin membangun akses internet di 12.000 lokasi baru pada 2020," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu 13 November 2019.

    Johnny menyebut hal itu sejalan dengan peran Menkominfo. Pertama, peran komunikasi dan informasi untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan negara agar diketahui rakyat. Kemudian peran informatika untuk menyediakan sarana dan prasarana komunikasi dari hulu hingga hilir.

    Politisi Partai NasDem itu mengatakan saat ini memiliki 11.500 kilometer serat optik jaringan Palapa Ring. Infrastruktur jaringan tulang punggung tersebut ditambah 300 ribu kilometer serat optik yang dibangun operator selular, televisi, dan PT Telkom Indonesia.

    "Namun itu belum cukup untuk menjangkau seluruh rumah tangga," tutur Johnny.

    Johnny dan jajarannya bakal mengusahakan akses internet merata di seluruh Indonesia. Salah satu fokus kerjanya ialah membuat satelit berkecepatan tinggi di wilayah yang tak menarik secara bisnis bagi perusahaan telekokomunikasi.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id