E-Uji Emisi, Aplikasi Pemprov DKI untuk Bantu Kurangi Polusi

    Lufthi Anggraeni - 14 Agustus 2019 18:05 WIB
    E-Uji Emisi, Aplikasi Pemprov DKI  untuk Bantu Kurangi Polusi
    Pemprov DKI Jakarta meluncurkan aplikasi e-Uji Emisi untuk permudah masyarakat cek status uji emisi.
    Jakarta: Kualitas udara wilayah DKI Jakarta semakin memprihatinkan, mendorong semakin banyak masyarakat yang menyuarakan kekhawatiran mereka via jejaring sosial, terutama Twitter, dengan menyematkan tagar Polusi Jakarta.

    Sejumlah pihak menilai buruknya kualitas udara di Jakarta disebabkan oleh polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Menanggapi hal ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat memeriksa status emisi kendaraan secara online.

    Saat mengakses aplikasi bernama e-Uji Emisi ini, pengguna akan disambut oleh enam menu dengan ikon berbeda dalam lingkaran, yaitu Sejarah Uji Emisi, Bengkel Uji Emisi, Hasil Uji Emisi, Pendaftaran Bengkel, Informasi Uji Emisi, dan Pendaftaran Kendaraan.

    Pada menu Sejarah Uji Emisi, pengguna dapat mengetahui riwayat uji emisi kendaraan sebelumnya, beserta status lulus atau tidak. Menu ini akan berguna bagi pemilik kendaraan yang membeli kendaraan bekas.

    Mengetuk tombol Lihat Hasil berwarna hijau akan menampilkan status uji emisi, disertai informasi pendukung seperti nomor plat kendaraan, tanggal pengujian dan nomor rangka kendaraan. Menu ini juga menampilkan tanggal pengguna harus melakukan pengujian emisi selanjutnya di bagian bawah.

    Sedangkan pada menu Bengkel Uji Emisi, pengguna dapat memasukkan informasi terkait lokasi pengguna dan aplikasi akan menampilkan bengkel bersertifikasi untuk melakukan uji emisi terdekat dari lokasi tersebut.

    Mengetuk salah satu nama yang muncul pada daftar akan mengarahkan pengguna ke layanan peta, yang juga terintegrasi dengan Google Maps. Integrasi ini akan memungkinkan pengguna memanfaatkan fitur navigasi di Google Maps namun harus mengetuk opsi Buka dengan Google Maps yang tersemat di pojok kiri bawah terlebih dahulu.

    Dan pada pojok kanan bawah, terdapat opsi yang memungkinkan pengguna secara langsung menghubungi nomor telepon bengkel tersebut. Pada menu Hasil Uji Emisi, pengguna dapat memeriksa status emisi kendaraan mereka dengan memindai barcode di hasil Cetak Uji Emisi.

    Pengguna juga dapat memeriksa status emisi kendaraan dengan memasukan Nomor Hasil Uji Kendaraan secara manual. Untuk mendorong masyarakat lebih aktif dalam menguji emisi kendaraan, aplikasi ini juga menampilkan sejumlah jadwal kegiatan terkait uji emisi yang diselenggarakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id