comscore

Qualcomm Siapkan Snapdragon 8cx Gen3 untuk Laptop

Lufthi Anggraeni - 03 Desember 2021 15:56 WIB
Qualcomm Siapkan Snapdragon 8cx Gen3 untuk Laptop
Qualcomm akan merambah pasar laptop melalui chipset Snapdragon 8cx Gen3.
Jakarta: Qualcomm tengah mempersiapkan chipset untuk laptop bersistem operasi Windows, disebut dengan nama Snapdragon 8cx Gen3. chipset ini merupakan chipset 5nm pertama untuk laptop Windows-on-Arm.

Hingga saat ini, Qualcomm masih menyimpan erat informasi terkait Snapdragon 8cx Gen3, namun rumor yang beredar menyebut bahwa chipset ini akan mendukung perangkat unggulan pada segmentasi high-end dan berbekal konektivitas jaringan 5G.

 



Merupakan chipset pertama untuk perangkat Windows dengan fabrikasi 5nm, chipset ini memiliki sejumlah keuntungan, termasuk efisiensi lebih baik berkat nanometer pada prosesor yang berukuran kecil.

Selain itu, Qualcomm juga disebut menghadirkan peningkatan signifikan pada chipset ini, diklaim mampu menyuguhkan performa multi-core 85 persen lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 8cx Gen2 dengan fabrikasi 7nm.

Chipset ini juga disebut mengusung peningkatan performa GPU mencapai 60 persen, sehingga Qualcomm Snapdragon 8cx Gen3 berbekal peningkatan tiga kali lipat jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Qualcomm juga akan menawarkan beberapa konfigurasi kepada OEM laptop ketika datang ke 5G dengan modem X65, diklaim mampu menyuguhkan kecepatan downlink hingga 10 Gbps. Selain itu, X55 versi lebih lama menjadi opsi tengah mencapai 7,5 Gbps, dan X62 di 4,4 Gbps.

Konektivitas lokal yang didukung chipset ini termasuk Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E terbaru. Qualcomm juga mengklaim bahwa laptop yang menggunakan chipset Snapdragon 8cx Gen3 ini dapat berfungsi tanpa kipas.

Namun uniknya, Qualcomm mengungkap bahwa daya tahan baterai laptop tergantung pada masa pemakaian masing-masing laptop. Sebelumnya, gelaran Qualcomm Tech Summit 2021 resmi diselenggarakan secara offline namun terbatas setelah dua tahun belakangan digelar online akibat pandemi.

Di momen ini Qualcomm tetap mengumumkan chipset generasi terbaru untuk kelas tertinggi atau high-end. Chipset terbaru yang diharapkan hadir pada smartphone produksi akhir tahun ini tidak lagi mengusung penamaan Snapdragon 800 Series atau yang sebelumnya dirumorkan sebagai Snapdragon 898 atau 895. Mereka punya nama baru yaitu Snapdragon 8 Gen 1.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id