Berapa Harga Smartphone yang Cocok untuk Sekolah dari Rumah?

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Oktober 2020 08:06 WIB
    Berapa Harga Smartphone yang Cocok untuk Sekolah dari Rumah?
    Samsung Galaxy A01 Core
    Jakarta: Kondisi pandemi mau tidak mau membuat kegiatan belajar mengajar atau sekolah harus berubah, dari belajar tatap menjadi belajar dari jarak rumah dari jauh. Internet menjadi teknologi yang diandalkan dalam hal ini.

    Diakui juga bahwa pandemi membuat kondisi perekonomian masyarakat ikut terguncang. Namun satu hal yang harus tetap berjalan adalah pendidikan. Orang tua yang tadinya tidak memberikan anaknya smartphone kini harus mencarikan perangkat khusus untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

    Berapa dana yang harus disiapkan untuk membeli smartphone bekal belajar dari rumah? Kisaran dana yang dianggarkan seharusnya tidak begitu besar, Rp1 juta dirasa sudah cukup. Apa pertimbangannya?

    Pertama, harga smartphone identik dengan spesifikasi yang ditawarkan. Semakin tinggi spesifikasi maka harganya semakin mahal. Padahal spesifikasi yang dibutuhkan dari sebuah smartphone untuk kegiatan belajar tidak perlu tinggi tapi harus memenuhi kebutuhan.

    Misalnya, layar yang cukup lega untuk nyaman digunakan anak, kapasitas memori yang cukup menjalankan aplikasi konferensi video atau kelas virtual serta menyimpan file atau foto tugas yang diberikan guru.

    Kamera juga cukup yang bisa menghasilkan foto jelas serta kamera depan untuk kebutuhan konferensi video. Di baterai tentu saja tidak butuh kapasitas yang besar karena penggunaannya hanya saat jam kegiatan pembelajaran saja.

    Melihat spesifikasi yang demikain tentu saja baterai smartphone akan sangat awet. Harganya juga dipastikan tidak akan mahal, misalnya Samsung Galaxy A01 Core.

    Perangkat ini punya layar 5,3 inci HD Plus dengan RAM 1GB dan memori internal 16GB jika masih dirasa kurang tersedia juga varian dengan memori lebih besar yaitu 2GB Ram dan 32 GB memori internal. Bahkan bisa ditambah MicroSD hingga 512GB.

    Samsung Galaxy A01 Core punya kamera depan 5MP dan kamera belakang 8MP. Sistem operasinya sudah mendukung Android 10 Go Edition dan dibekali baterai 3.000 mAh. Harga Samsung Galaxy A01 Core juga terbilang masih terjangkau yaitu Rp999.000 untuk varian 1/16GB dan Rp1.149.000 untuk varian 2/32GB.

    Pengguna bisa mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Oreedoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp20.000 setiap bulannya. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id