Microsoft Investasi Rp14,5 Triliun di Malaysia untuk Data Center

    Lufthi Anggraeni - 20 April 2021 08:15 WIB
    Microsoft Investasi Rp14,5 Triliun di Malaysia untuk Data Center
    Microsoft dilaporkan akan berinvestasi sebesar USD1 miliar untuk membangun data center di Malaysia.



    Jakarta: Microsoft dilaporkan akan berinvestasi sebesar USD1 miliar (Rp14,5 triliun) di Malaysia selama lima tahun mendatang sebagai bagian dari kerjasama baru dengan pemerintah dan perusahaan lokal negara tersebut.

    Pengumuman tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada Senin, 19 April 2021 lalu. Investasi ini akan menjadi investasi terbesar dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut di Malaysia.






    Pengumuman ini disampaikan setelah Malaysia memberikan persetujuan bersyarat untuk Microsoft, Google, Amazon, dan perusahaan telekomunikasi negara Telekom Malaysia untuk membangun dan mengelola data center berskala besar dan menyediakan layanan cloud.

    Selain itu, pengumuman ini juga disampaikan setelah Malaysia mengalami penurunan investasi langsung asing atau Foreign Direct Investments (FDI) sebesar 68 persen pada tahun 2020 lalu, dan merupakan penurunan terbesar di Asia Tenggara.

    Malaysia mengukuhkan negaranya sebagai tujuan investasi, dan baru-baru ini Menteri Keuangan negara tersebut menyebut bahwa pemerintah tengah mengupayakan insentif untuk membantu menarik perhatian lebih banyak FDI.

    Menteri Keuangan Malaysia juga menyebut bahwa investasi dari penyedia layanan cloud ini akan berjumlah total antara RM12 miliar hingga RM15 miliar atau sekitar USD2,91 miliar (Rp42,3 triliun) hingga USD3,64 miliar (Rp52,9 triliun), selama lima tahun terakhir mendatang.

    Sebagai bagian dari inisiatif Bersama Malaysia, lanjut Perdana Menteri Muhyiddin, Microsoft akan mendirikan region data center pertamanya, terdiri dari sejumlah data center di Malaysia untuk mengelola data dari sejumlah negara.

    Region data center terbaru disebut Microsoft Executive Vice President Jean-Philippe Courtois akan menjadi faktor perubahan bagi Malaysia, dan akan membungkinkan pemerintah dan bisnis untuk melakukan transformasi pada operasi mereka.

    Pada program ini, Microsoft juga akan memberikan bantuan kepada jutaan warga Malaysia dalam memperoleh pelatihan terkait keterampilan digital pada akhir tahun 2023 mendatang.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id