Seri NVIDIA GTX Juga Bakal Miliki Ray-Tracing

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Maret 2019 15:23 WIB
    Seri NVIDIA GTX Juga Bakal Miliki Ray-Tracing
    Kartu grafis NVIDIA seri GTX.
    Jakarta: Komplain konsumen bahwa kartu grafis seri RTX dari NVIDIA mahal kini menemui solusinya. Seri NVIDIA RTX terkenal dengan teknologi ray tracing, namun kini teknologi tersebut tidak lagi eksklusif lagi.

    Kemarin di ajang Game Developers Conference (GDC) 2019, NVIDIA mengumumkan teknologi tersebut juga bakal hadir di seri kartu grafis lama yaitu seri GTX. Dukungan ray-tracing bakal dihadirkan lewat driver terbaru di bulan April.

    Dalam driver tersebut akan tersedia teknologi NVIDIA bernama DirectX Ray Tracing (DXR). DXR sendiri diperkenalkan oleh Microsoft pada acara GDC tahun lalu. DXR hadir dalam bentuk API yang memungkinkan komponen memiliki kemampun ray tracing.

    Meskipun demikian tetap saja framerate tinggi dengan mode ray-tracing yang aktif hanya bisa didapatkan pada kartu grafis seri RTX. Sepeti yang diketahui, kartu grafis seri GTX berbasis GPU Pascal tidak memiliki RT Core yang berfungsi mengolah dan menyajikan ray tracing.

    RT Core juga tidak disediakan pada dua kartu grafis terbaru NVIDIA, GTX 1660 dan 1660 Ti meskipun berbasis GPU Turing seperti yang digunakan di seri RTX. Jadi update berupa DXR akan menambahkan beban kerja pada GPU atau CUDA core di seri GTX.

    Nantinya tampilan dengan ray-tracing tetap bisa dihadirkan, tapi proses rendering dan shading tidak segesit seri RTX. Kabar baik ini, tetap masih meninggalkan pertanyaan, apakah efek dari ray-tracing di seri GTX akan bisa mengejar kualitas di seri RTX?

    Untuk menikmati pengalaman ray tracing dari DXR, pengguna minimal harus menggunakan kartu grafis NVIDIA GTX 1060 6GB. Kartu grafis seri Titan yang berasiktektur GPU Pascal dan Volta juga masih akan kebagian dukungan DXR di NVIDIA Game Driver.

    Seperti biasanya, baru ada beberapa game yang bisa mendukung ray-tracing DXR di kartu grafis seri GTX. Ada tiga game, yaitu Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, dan Metro Exodus. Strategi ini mungkin tidak akan berkontribusi terhadap penjualan kartu grafis RTX, tapi cukup mampu menjaga penggemarnya berpindah ke AMD.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id