Inrate Tawarkan Perhitungan Rating Berbasis Big Data Analytic

Cahyandaru Kuncorojati - 09 Januari 2019 17:40 wib
Peluncuran solusi Inrate.
Peluncuran solusi Inrate.

Jakarta: Perhitungan rating sebuah konten seperti tayangan iklan menjadi hal penting bagi pemegang merek dan agen iklan, terutama stasiun televisi. Saat sebuah stasiun televisi memiliki rating yang bagus maka mereka akan menarik minat pemilik merek untuk beriklan.

Belanja iklan di televisi sendiri dikabarkan masih tinggi. Sayangnya, banyak pengiklan yang belum diuntungkan. Penyebabnya sistem monitoring yang ada hanya dalam bentuk laporan bukti tayang tanpa insight mendalam tentang konten iklan mereka.

Misalnya, apakah konsumen yang menonton iklan mereka sudah sesuai target? Melihat kondisi tersebut startup lokal bernama Inrate mencoba menyediakan solusi yang menjembatani pengiklan, agen iklan, dan stasiun televisi.

Inrate merupakan solusi sistem rating televisi yang memfasilitasi stasiun televisi, agen iklan, dan pengiklan untuk mendapatkan raw data yang nantinya bisa dipergunakan untuk rujukan dalam menentukan strategi beriklan terbaik.

Menggandeng layanan dari UseeTV dari Telkom Indonesia, Inrate mendapatkan raw data yang dioleh dengan konsep big data analytic. Diketahui bahwa UseeTV telah memiliki 2,1 juta pelanggan yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia.

Inrate melakukan perhitungan rating berdasarkan pelanggan UseeTV dengan profiling Helix Persona yang didapatkan dari lembaga penelitian Roy Morgan dan smart profile yang dihasilkan dari kapabilitas big data Metranet.

Nantinya, hasil pengolahan data akan disajikan dalam tampilan dashboard di web aplikasi Inrate yang selalu diperbarui real-time. Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.

Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.

Informasi tersebut meliputi Rating, Share dan Jumlah Audience Channel TV dan Program Acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu juga akan disediakan.

Penggunanya juga bisa Membandingkan TV Rating, Share dan Jumlah Audience saluran televisi berdasarkan slot time dan juga berdasarkan profil tertentu. Inrate juga dapat menganalisis profile penonton di slot waktu berdasarkan profil, dan kecenderungan untuk menonton di Channel TV.


(MMI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.