Kaspersky Dorong Konsumen Perbarui WhatsApp

    Ellavie Ichlasa Amalia - 16 Mei 2019 12:40 WIB
    Kaspersky Dorong Konsumen Perbarui WhatsApp
    Pengguna WhatsApp didorong untuk memasang update. (Photo by Lionel BONAVENTURE / AFP)
    Jakarta: Kaspersky mendorong semua pengguna WhatsApp segera memasang update. Alasannya, karena telah diketahui, kriminal siber bisa memasukkan kode mereka sendiri untuk mengakses data yang tersimpan dalam perangkat, seperti arsip pembicaraan, kamera, dan juga mikforon. 

    "Informasi terbaru menunjukkan bahwa pelaku kejahatan siber  memanfaatkan beberapa kerentanan, termasuk kerentanan zero-day untuk iOS, dan serangan tersebut adalah serangan multi-stage, dimana memungkinkan pelaku kejahatan siber mendapatkan pijakan pada perangkat dengan menginstal aplikasi spyware di atasnya," Victor Chebyshev, Anti-malware Expert di Kaspersky Lab.

    "Mengingat bahwa kerentanan ini tampaknya mengeksploitasi baik perangkat Android dan iOS, maka mereka sangat berbahaya. Kami mengajak semua pengguna sesegera mungkin menginstalasi update yang dirilis untuk memblokir kerentanan yang dieksploitasi oleh malware," ujarnya. 

    Memang, beberapa hari lalu, muncul kabar akan keberadaan celah keamanan di WhatsApp. Celah keamanan itu memungkinkan kriminal siber untuk memasang spyware ke perangkat korban. Spyware memungkinkan penyerang untuk memata-matai korban. 

    Masalahnya, hacker bisa memasang spyware itu ke perangkat korban hanya dengan melakukan panggilan telepon via WhatsApp. Korban bahkan tidak perlu menjawab panggilan itu. Tidak hanya itu, daftar panggilan telepon juga terkadang langsung terhapus, sehingga korban tidak tahu bahwa perangkatnya telah dimasuki spyware

    WhatsApp mengaku, mereka menemukan celah keamanan ini pada bulan ini dan mereka akan segera menambalnya. Mereka telah meluncurkan update pada hari Senin.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id