Ganti Nama Jadi Altaba, CEO Yahoo Mundur Setelah Akuisisi Selesai

    Ellavie Ichlasa Amalia - 10 Januari 2017 11:40 WIB
    Ganti Nama Jadi Altaba, CEO Yahoo Mundur Setelah Akuisisi Selesai
    Yahoo ganti nama jadi Altaba. (AP Photo/Michael Probst, File)
    medcom.id: CEO Yahoo Marissa Mayer akan mengundurkan diri setelah proses akuisisi Yahoo oleh Verizon selesai.

    Mayer bukanlah satu-satunya pihak yang akan mengundurkan diri dari Yahoo. Co-founder David Filo, Eddy Hartenstein, Richard Hill, Jane Shaw dan Maynard Webb juga akan ikut pergi. Sementara Eric Brandt akan menjadi chairman dalam dewan.

    Selain itu, divisi yang tersisa dari Yahoo yang tidak dibeli oleh Verizon, termasuk Yahoo Jepang dan saham Alibaba, akan menjadi perusahaan investasi dengan nama Altaba, Inc., seperti yang dilaporkan oleh Venture Beat.

    Selain Brandt, orang-orang yang masih menjadi bagian dari dewan Yahoo adalah Tor Braham, Catherine Friedman, Thomas McInerney, dan Jeffrey Smith. Yahoo menegaskan bahwa kepergian 6 direkturnya bukanlah karena mereka memiliki masalah dengan peraturan dan operasi yang Yahoo tetapkan.

    Tahun lalu, Verizon berhasil mengakuisisi Yahoo dengan nilai USD4.8 miliar (Rp63 triliun). Namun, proses akuisisi ini tidak berjalan lancar. Tepat setelah akuisisi ini diumumkan, Yahoo mengklaim bahwa para "hacker yang didukung pemerintah" berhasil meretas sistemnya dan mendapatkan akses ke data dari 500 juta akun penggunanya.

    Beberapa bulan kemudian, diketahui bahwa satu miliar pengguna Yahoo ternyata juga terkena dampak peretasan itu. Hal ini membuat sebagian orang berpikir bahwa Verizon akan membatalkan akuisisi Yahoo, atau setidaknya meminta diskon sebesar USD1 miliar (Rp13,3 triliun).

    Mayer disebutkan akan keluar dari dewan baru setelah akuisisi selesai. Namun, belum diketahui kapan dia akan keluar dari Verizon. Jika itu terjadi, dilaporkan, Mayer bisa mendapatkan USD55 juta (Rp730,6 miliar) karena pemutusan hubungan kerja.

    Namun, tidak lama setelah akuisisi Verizon diumumkan, Mayer membuat pernyataan resmi, menyebutkan bahwa dia tidak akan pergi. Meskipun begitu, belum diketahui apakah Mayer akan tetap bertahan untuk jangka waktu pendek atau panjang.

    Pergantian nama baru ini merupakan kali kedua nama baru diajukan. Pada 2015, dewan Yahoo mengumumkan bahwa mereka akan mengubah nama perusahaan menjadi Aabaco, yang terdiri dari Yahoo Jepang, Alibaba dan divisi UKM Yahoo. Beberapa bulan kemudian, usaha ini terhenti.

    Sekarang, Altaba akan bertanggung jawab meningkatkan hasil investasi di Yahoo Jepang dan Alibaba. Tampaknya, Altaba dan Yahoo tertarik untuk memilih orang baru untuk menjadi pemimpin perusahaan. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id