Oppo Kenalkan Sejumlah Fitur Unggulan di Reno4

    Lufthi Anggraeni - 30 Juli 2020 11:26 WIB
    Oppo Kenalkan Sejumlah Fitur Unggulan di Reno4
    Oppo Reno4 versi Indonesia mengusung perbedaan dalam hal chipset prosesor, dari versi Tiongkok.
    Jakarta: Jelang peluncurannya di Indonesia, Oppo menghelat ajang media briefing dan menjelaskan sejumlah spesifikasi dan fitur yang diusung oleh Reno4. Sejumlah spesifikasi dan fitur yang dijelaskannya termasuk dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G.

    “Berbeda dengan versi Cina yang ditopang chipset Snapdragon 765, Oppo Reno4 versi Indonesia akan menggunakan Snapdragon 720G,” ujar Public Relations Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto.

    Aryo menjelaskan bahwa penggunaan prosesor Snapdragon 762G seperti yang digunakan di Oppo Reno4 versi China, untuk pasar Indonesia tidak relevan. Sebab chipset ini sudah didukung oleh komponen jaringan 5G.

    Namun seperti yang diketahui masyarakat, Indonesia belum memiliki dukungan infrastruktur 5G yang mampu digunakan secara luas dan komersial. Karenanya, Oppo beralasan bahwa pihaknya tidak ingin menghadirkan fitur yang tidak akan terpakai oleh konsumen.

    Meskipun demikian, Aryo tetap mengklaim bahwa Oppo Reno4 versi Indonesia mumpuni meski menggunakan chipset Snapdragon 720G, sebab serupa dengan chipset Snapdragon 762G, chipset tersebut juga merupakan chipset gaming, ditandai dengan penyematan huruf G di penamaannya.

    Perbedaan antara keduanya terletak pada dukungan jaringan 5G, dengan Snapdragon 762G sudah mendukung, sedangkan Snapdragon 720G belum mendukung. Sebagai informasi, prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor.

    Dibandingkan dengan MTK P95 pada Oppo Reno3 Pro, kinerja CPU single-core chipset diklaim meningkat sekitar 46 persen, sedangkan dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26 persen berdasar hasil tes Geekbench.

    Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40 persen menurut hasil tes Manhattan. Menyoal kamera, Oppo Reno4 berbekal tiga kamera di bagian belakang. Ketiga kamera tersebut terdiri dari lensa utama 48MP bukaan f/1.7, lensa telephoto 13MP dengan optical zoom 2x, dan ultra-wide angle 12MP dengan bidang pandang 12MP.

    Kamera Oppo Reno4 Pro memiliki kualitas gambar 4K pada 30fps, sedangkan kamera selfie memiliki resolusi 32MP. Sama seperti produk sebelumnya, Oppo Reno4 juga mengunggulkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

    Fokus pada AI ini, jelas Aryo, karena Oppo menyasar anak muda penyika teknologi AI sebagai target pasar Reno Series. Tidak hanya pada  pada kamera, teknologi AI ini diintegrasikan Oppo pada aktivitas lainnya termasuk gaming hingga interaksi sehari-hari dengan smartphone. 

    Oppo Reno4 juga mendukung VOOC 4.0, dengan pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, baterai kapasitas 4.015mAh pada Reno4 diklaim dapat terisi hingga 50 persen dalam waktu 20 menit dan 100 persen dalam waktu 57 menit. Namun, kemampuan ini hanya dapat dicapai dengan menggunakan ekosistem VOOC.

    Oppo juga menjelaskan fitur AON Smart Sensor yang akan dibenamkan pada Reno4. Keberadaan fitur ini diwakili oleh sensori yang tersemat di sebelah kamera depan. Mengusung AI-enhanced smart sensor, komponen ini ditujukan untuk mendukung fitur Smart Spying Prevention.

    Fitur tersebut dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Namun sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id