Computex 2020 Terancam Batal Menyusul Kebijakan Taiwan

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Maret 2020 11:32 WIB
    Computex 2020 Terancam Batal Menyusul Kebijakan Taiwan
    Venue pelaksanaan Computex 2019 Taipei di Nangang Exhibition Center, Taiwan.
    Jakarta: Kini nasib salah satu pameran teknologi terbesar di dunia yaitu Computex 2020 Taipei terancam sama seperti MWC 2020 Barcelona. Tidak lain penyebabnya adalah langkah perlindungan negara penyelenggara dari pandemi virus Korona atau Covid-19.

    Meskipun pihak Komisi Perdagangan Taiwan atau TAITRA belum memberikan informasi terbaru sejak bulan lalu, pemerintah Taiwan sudah menyatakan pembatasan izin masuk bagi orang asing ke negaranya. Dilaporkan bahwa angka kasus virus Korona di Taiwan meningkat.

    Dikutip dari WCCF Tech, pengumuman kebijakan ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-cung. Kebijakan tersebut berlaku mulai 19 Maret 2020 hingga waktu yang tidak ditentukan. Peraturan ini akan sangat ketat.

    Warga negara asing yang baru tiba atau sudah dalam penerbangan menuju Taiwan akan menjalani masa karantina selama 14 hari saat tiba di sana. Secara tidak langsung Taiwan menutup pintu masuk bagi orang ke wilayahnya.

    Mereka yang merupakan anggota diplomat, kru pernerbangan, dan warga negara asing yang mendapatkan izin khusus dari pemerintah tidak dikenakan dalam kebijakan ini. Laporan menyebutkan kasus virus Korona di Taiwan melonjak dengan jenis kasus penyebaran impor atau bukan dari lokal.

    Di bulan Februari, TAITRA sempat merilis pernyataan bahwa Computex 2020 Taipei masih akan berjalan sesuai rencana. Pernyataan ini dirilis tidak lama setelah MWC 2020 Barcelona dibatalkan.

    "Merespon wabah global dari Novel Coronavirus, pemerintah Taiwan telah mengambil langkah komprehensif untuk melindungi kesehatan publik untuk menghindari penyebaran wabah ini," tulis TAITRA di situs resmi Computex 2020.

    "Semua event dan kegiatan yang dilaksanakan TAITRA untuk pengunjung internasional akan disesuaikan dengan pertimbangan kesehatan dan stadar kemanan sehingga tidak ada ancaman yang menggangu di semua venue di Taiwan," lanjutnya.

    Bukan kali pertama Computex di Taiwan sempat terkendala oleh alasan kesehatan. Di tahun 2013 TAITRA pernah memundurkan tanggal pelaksanaan Computex dari Juni ke September demi menghindari penyebaran penyakit SARS.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id