10 Aplikasi Android Berisi Malware Bikin Tagihan Bengkak

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 Juli 2020 12:11 WIB
    10 Aplikasi Android Berisi Malware Bikin Tagihan Bengkak
    Ilustrasi.
    Jakarta: Pengguna smartphone Android kembali terancam serangan malware jahat. Serangan ini justru berasal dari aplikasi yang disediakan Google Play Store. Malware ini bernama Joker dan punya efek cukup serius.

    Laporan ini disampaikan oleh firma keamanan siber Check Point kepada pihak Google. Malware Joker ternyata bukan baru kali ini menyerang, melainkan pernah muncul di tahun 2017 dan diberantas Google. 

    Dikutip dari Ars Technica, Joker hadir dengan versi baru yang memanfaatkan sistem aplikasi di Google. Peluang yang diciptakan Google untuk membuat aplikasi transparan sehingga bisa dideteksi ternyata tetap berhasil dimodifikasi oleh pembuat malware Joker.

    Malware Joker dijelaskan bisa menyusup ke sebuah aplikasi resmi yang dianggap boleh disediakan di Google Play Store. Malware ini bersembunyi hingga hitungan jam atau hari agar tidak terdeteksi sistem keamanan Google Play Store.

    Mengikuti kendali pembuatnya, malware Joker nantinya akan memasang paket malware di aplikasi tersebut. Serangan yang dilakukan adalah membuat akun Google korban memilih langganan dengan harga mahal atau paket premium.

    Diklaim ada 10 aplikasi yang dipastikan sudah disusupi oleh malware Joker yang semuanya sudah diunduh sebanyak 500.000 kali, menurut Check Point. Cara menghapusnya disebut tidak mudah, sekadar menghapus aplikasinya tidak membuat korban aman.

    Korban juga harus menelusuri aplikasi mana dan jenis berlangganan apa yang diaktivasi oleh malware Joker. Menurut ahli keamanan di firma tersebut kelemahan ada di sistem keamanan Google Play Store yang harus selalu responsif dan update.

    "Temuan ini menandakan bahwa perlindungan Google Play Store masih tidak cukup. Kami dapat menemukan bahwa kasus Joker terus terjadi setiap minggu terkait layanan Google Play," tutur Manager Mobile Research Check Point, Aviran Hazum.

    "Malware Joker sangat sulit dideteksi, meskipun Google berinvestasi ke perlindungan tambahan Play Store. Dengan Google menghapus aplikasi berbahaya dari Play Store, masih ada kemungkinan Joker akan muncul lagi beradaptasi," jelasnya.

    Apabila akun Google Play Anda terhubung dengan layanan kartu kredit atau debit tanpa sistem otentikasi dua faktor maka tagihan yang diterima bisa mendadak bengkak, berikut ini adalah 10 aplikasi yang disusupi malware:

    1. com.imagecompress.android
    2. com.contact.withme.texts
    3. com.hmvoice.friendsms
    4. com.relax.relaxation.androidsms
    5. com.cheery.message.sendsms (two different instances)
    6. com.peason.lovinglovemessage
    7. com.file.recovefiles
    8. com.LPlocker.lockapps
    9. com.remindme.alram
    10. com.training.memorygame
     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id