Virus Korona, ZTE dan LG Absen Tampil di MWC 2020

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Februari 2020 10:52 WIB
    Virus Korona, ZTE dan LG Absen Tampil di MWC 2020
    Venue acara MWC tahun lalu di Barcelona, Spanyol. (Tech Radar)
    Jakarta: GSMA selaku penyelenggara acara pameran teknologi seluler MWC (Mobile World Congress) 2020 di Barcelona pada tanggal 24-27 Februari 2020 tetap menyatakan bahwa acaranya tidak dimundurkan atau dibatalkan, meskipun banyak larangan terbang internasional terkait virus Korona.

    Sayangnya, beberapa vendor ternyata menyatakan absen alias tidak menghadiri acara tersebut. Sejauh ini ada dua vendor dari negara tetangga Tiongkok yang menyatakan tidak hadir untuk tahun ini, yaitu ZTE dan LG.

    Dikutip dari The Verge, ZTE menjadi yang pertama mengumumkan ketidak hadiran di MWC 2020 dini hari. Diketahui ZTE adalah perusahaan teknologi jaringan telekomunikasi sekaligus perangkat smartphone asal Tiongkok.

    Pihak ZTE sendiri beralasan bahwa mereka tidak mungkin hadir karena banyak tim yang mengalami permasalahan dalam mengurus tiket perjalanan dan visa. Alasan ini sendiri diduga kuat terkait kasus virus Korona.

    "Kami ingin perusahaan yang menghormati orang lain dan tidak ingin membuat orang di sekitar menjadi tidak nyaman," tutur juru bicara ZTE kepada The Verge. Padahal ZTE merupakan salah satu vendor yang setia hadir di MWC, tahun lalu mereka memperkenalkan smartphone 5G pertamanya.

    Tidak lama kabar serupa juga datang dari LG. Perusahaan Korea Selatan ini menjadi yang kedua menyatakan tidak hadir di MWC 2020. LG juga dengan jelas menyatakan bahwa absennya di acara tersebut terkait virus Korona.

    "Demi keamanan pegawai dan publik maka LG memutuskan untuk mundur dari partisipasi MWC 2020. Keputusan ini akan mencegah perjalanan internasional dari ratusan pegawai LG yang sudah sejalan dengan imbauan ahli kesehatan," jelas juru bicara LG dikutip dari The Verge.

    Pihak LG menyatakan akan menggelar acara terpisah saat waktunya memungkinkan untuk memperkenalkan jajaran produk terbaru mereka di tahun ini. Absennya dua vendor ini tidak ditanggapi penyelenggara MWC 2020 dengan pernyataan yang baru. Artinya, acara tahunan ini masih akan berlangsung.

    Sebelumnya, dilaporkan bahwa SK Telecom, KT Corp, dan LG Uplus Corp yang merupakan operator telekomunikasi asal Korea Selatan tetap akan menghadiri acara MWC 2020.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id