AMD Ryzen 9 Mundur, Dijadwalkan Bareng Threadripper Generasi Ketiga

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 September 2019 14:21 WIB
    AMD Ryzen 9 Mundur, Dijadwalkan Bareng Threadripper Generasi Ketiga
    Poster AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga akan dirilis bersama AMD Ryzen 9 3950X yang diundur dari bulan September menjadi November.
    Jakarta: AMD dikabarkan sudah memastikan bahwa salah satu varian keluarga AMD Ryzen 3000 Series yaitu Ryzen 9 3950X ditunda kehadirannya. Prosesor yang disiapkan untuk menghajar keluarga Intel Core i9 tersebut diundur dari rencana rilis di September menjadi November.

    Bukan karena masalah proses produksi seperti yang menghantui Intel, AMD mengklaim bahwa permintaan atas prosesor AMD Ryzen 9 3950X sangat tinggi sehingga mereka butuh waktu untuk menyiapkannya sebelum dirilis ke pasar.

    Dikutip dari AnandTech, kabar ini sudah disampaikan oleh pihak AMD. Mereka ingin agar stok prosesor ini tidak kosong di pasar saat begitu banyak konsumen yang mencarinya.

    "Kami tengah berfokus untuk memenuhi permintaan yang sangat besar dari prosesor AMD Ryzen Generasi Ketiga saat ini dan berencana untuk merilis dua prosesor lagi yaitu AMD Ryzen 9 3950X dan AMd Ryzen Threadripper Generasi Ketiga di bulan November ini," tulis pihak AMD dikutip dari AnandTech.

    Ya, bukan hanya memberikan informasi mengenai AMD Ryzen 9 3950X tapi kita juga mendapatkan tanggal rilis dari AMD Ryzen Threadripper Generasi Ketiga. Melihat hal ini, artinya AMD akan masuk ke dua pasar berbeda bersama, yaitu pasar prosesor mainstream dan prosesor HEDT (High End Desktop).

    Seperti yang Medcom.id laporkan pada E3 2019 AMD memperkenalkan AMD Ryzen 9 3950X untuk pertama kalinya. Prosesor ini menjadi prosesor desktop mainstream pertama dengan core terbanyak yang sejajar dengan kelas HEDT AMD Ryzen Threadripper Generasi Kedua.

    AMD Ryzen 9 3950X memiliki 16 core dengan 32 thread dengan base clock 3,5Ghz dan boost clock 4,7Ghz. Jumlah core tersebut lebih banyak dari yang dimiliki Intel Core i9-9900K. Kapasitas cache yang besar mencapai 72MB dan TDP sangat rendah, 105W.

    Meskipun memiliki jumlah core setara dengan prosesor HEDT AMD Ryzen Threadripper 2950X, Ryzen 9 3950X tetap hadir dengan desain untuk soket AM4. Artinya tidak membutuhkan motherboard khusus dengan soket besar seperti pada prosesor AMD Ryzen Threadripper.

    "Prosesor gaming 16 core pertama di dunia, AMD Ryzen 9 3950X akan tersedia di bulan September dengan harga USD749 (Rp10,6 juta)," tutur CEO AMD, Dr. Lisa Su saat di acara E3 2019 pada bulan Juni kemarin.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id