Apple iPad Pro 5G Pertama Meluncur Tahun Ini

    Lufthi Anggraeni - 16 Januari 2020 16:33 WIB
    Apple iPad Pro 5G Pertama Meluncur Tahun Ini
    Rumor yang berkembang menyebut bahwa iPad Pro 5G akan dirilis pada tahun 2020 ini.
    Jakarta: Apple telah mengembangkan seri iPad Pro baru yang akan dirilis pada musim semi ini, namun laporan terbaru yang beredar menyebut bahwa Apple tengah mengembangkan model dengan dukungan konektivitas 5G.
     
    Rumor yang berkembang menyebut bahwa iPad Pro dengan dukungan jaringan 5G tersebut akan dirilis pada tahun 2020 ini. Berdasarkan informasi dari rantai pemasok yang dikutip Phone Arena, Taiwan Advanced Semiconductor Engineering tengah bersiap untuk memasok teknologi antenna dalam kemasan untuk tablet baru berteknologi 5G.
     
    Tablet 5G tersebut tidak disebutkan secara spesifik, namun diprediksi merupakan varian iPad Pro model high-end, mengingat untuk menghadirkan dukungan jaringan 5G membutuhkan biaya produksi tambahan.
     
    iPad tersebut dilaporkan memanfaatkan teknologi mmWave terbaru dan bukan teknologi sub-6GHz 5G. Hal ini diperkirakan karena teknologi mmWave menjanjikan kecepatan lebih cepat pada jarak dekat.
     
    Kemampuan teknologi mmWave ini dinilai sesuai untuk penggunaan di area urban yang padat, sedangkan kemampuan teknologi sub-6GHz menawarkan kecepatan lebih lambat dan lebih sesuai untuk area pedesaan, lokasi iPad Pro tidak banyak digunakan.
     
    Menyoal waktu kedatangannya, Apple kerap memperkenalkan fitur utama baru di Iphone terlebih dahulu, sebelum menghadirkannya di lini iPad. Namun saat beralih ke jaringan 4G LTE, dukungan ini justru pertama kali hadir di iPad Mini pada awal tahun 2012 lalu, sebelum tersedia di iPhone pada bulan September pada tahun yang sama.
     
    Strategi ini secara teoritis dapat terulang, namun penundaan sebelumnya akibat cakupan wilayah 5G yang masih minim mengindikasikan bahwa strategi tersebut tidak akan terjadi. Situs Digitimes optimis bahwa iPad Pro 5G akan diperkenalkan pada semester kedua tahun 2020, diperkirakan bersamaan dengan iPhone 5G.
     
    Apabila prediksi ini benar, tablet baru tersebut akan menjadi versi upgrade dari iPad Pro berlayar 12,9 inci yang digaungkan Ming-Chi Kuo pada awal bulan Desember lalu. Tablet ini diperkirakan akan diperkenalkan dengan dukungan chipset A14X Bionic generasi terbaru dan layar LED mini dengan 10 ribu LED.
     
    Teknologi layar LED mini itu ditujukan untuk menjembatani celah antara layar OLED saat ini dan layar micro-LED di masa depan. Namun untuk iPad, peralihan ini bukan sekadar transisional karena model yang tersedia di pasar saat ini didukung oleh teknologi LCD.
     
    Dengan demikian, varian tersebut akan secara signifikan berharga lebih tinggi dan diposisikan sebagai model perangkat paling premium di antara model iPad Pro generasi terbaru lainnya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id