comscore

NVIDIA GeForce Bawa Teknologi Max-Q Generasi ke-4 dan Dukungan Bagi Content Creator

Cahyandaru Kuncorojati - 26 Mei 2022 11:30 WIB
NVIDIA GeForce Bawa Teknologi Max-Q Generasi ke-4 dan Dukungan Bagi Content Creator
Nvidia Max-Q Generasi ke-4.
Jakarta: Senior Vice President of GeForce, Jeff Fisher juga hadir di Computex 2022 tapi bukan untuk memperkenalkan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX terbaru. Melainkan inovasi dan fitur baru yang meningkatkan pengalaman gaming untuk gamer termasuk content creator dalam menuangkan idenya.

Dia mengklaim NVIDIA berhasil dalam mentransformasi perangkat komputasi laptop gaming yang selama ini berukuran tebal menjadi tipis, namun tetap menyediakan performa mumpuni. Hal ini tercapai lewat pengembangan teknologi Max-Q yang saat ini sudah tahap generasi keempat.
“Pasar hardware PC gaming diproyeksikan mencapai USD67 miliar dan akan bertumbuh double digit dalam beberapa tahun ke depan. 100 juta PC baru terus bertambah sistem kami dalam dua tahun belakangan, 80 juta kreator dan broadcaster berkontribusi terhadap perekonomian dengan nilai USD100 miliar,” tutur Fisher.

Dia menyebut ada 920 juta orang menonton live streaming game tahun ini, meningkat 1,5 kali selama tiga tahun belakangan, dan sekitar setengah miliar orang menyaksikan esports. Semuanya merupakan hasil kolaborasi NVIDIA dengan produsen peripheral dan hardware gaming menciptakan ekosistem yang lengkap.

“Semuanya mengandalkan GeForce RTX yang didukung arsitektur Ampere, 28 miliar transistor, 40 shader tFLOPS, 78 RT TFLOPS, dan 320 Tensor TFLOPs yang menjadikannya GPU tercepat di dunia,” sambungnya.

Ampere menyediakan fitur RT Core generasi kedua untuk real-time ray tracing grafis sinematik, dan RT Core generasi ketiga yang menghadirkan teknologi rendering berbasis AI NVIDIA DLSS. Di sini juga diperkenalkan NVIDIA Reflex untuk latensi sistem super rendah kemudian NVIDIA Encoder bagi game live streamer untuk meningkatkan kualitas video yang disiarkan.

Nvdia Broadcast App menyediakan kemampuan AI untuk menciptakan studio sendiri di manapun sehingga kualitas live streaming semakin sempurna. Bagi content creator tersedia NVIDIA Studio berisi SDK dalam menciptakan karya dan juga terintegrasi ke NVIDIA Omniverse.

Terakhir adalah GameReady dan Studio Driver yang menyediakan platform optimasi bagi semua game, aplikasi, dan sistem yang beragam. NVIDIA bekerja sama dengan developer untuk memastikan seluruh fitur dan teknologi RTX dan GPU Ampere bisa diimplementasikan.

Di kesempatan ini Fisher mengumumkan Asus ROG Swift yang menggunakan teknologi NVIDIA G-Sync Esports Mode dan NVIDIA Reflex Analyzer untuk menyediakan kemampuan refresh rate hingga 500Hz dan latensi super rendah.

“Tahun ini kami juga memperkenalkan Max-Q Generasi ke-4 yang membawa banyak inovasi dan efisiensi daya setelah berhasil membuat laptop dengan kemampuan grafis tinggi hadir dalam ukuran tebal menjadi tipis,” ungkap Fisher.

Di dalamnya ada CPU Optimizer yang memungkinkan GPU mengelola keseimbangan antara performa sistem dan daya. Inovasi ini dikembangkan bersama developer CPU. Rapid Core Scalling menyediakan performa bagi kreator dengan secara real-time berdasarkan kebutuhan aplikasi yang berjalan.

Battery Boost 2.0 memungkinkan gamer bermain lebih lama saat mengandalkan baterai dengan mengoptimasi performa CPU dan GPU, baterai, dan kualitas visual. Terakhir, Advanced Optimus untuk menyediakan pengalaman bebas stuttering dari G-Sync dan visual yang memuaskan tanpa mengorbankan daya tahan baterai.

NVIDIA juga membawa fitur dari platform NVIDIA Omniverse ke dalam jajaran laptop sertifikasi NVIDIA Studio. Di dalamnya disediakan fitur baru, Omniverse Cloud menyediakan fitur simple share untuk berbagi, Omniverse Audio2Face membantu menciptakan animasi gerakan mulut dan ekspresi wajah hanya mengandalkan data format audio.

Omniverse XR Beta yang memunkinkan desain photorealistic scene Omniverse dijelajahi dalam sudut pandang virtual reality. Omniverse Machinima yang berisi publisher asset dan tools untuk desainer 3D menciptakan animasi singkat, di dalamnya sudah ada asset hingga physics yang siap langsung digunakan.
 

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id