Di Bawah Verizon, Yahoo tak Sepenuhnya Jadi Altaba

    Ellavie Ichlasa Amalia - 10 Januari 2017 18:01 WIB
    Di Bawah Verizon, Yahoo tak Sepenuhnya Jadi Altaba
    CEO Yahoo, Marissa Mayer. (AFP PHOTO / ROBYN BECK)
    medcom.id: Verizon, salah satu operator telekomunikasi di Amerika Serikat, telah mengakuisisi Yahoo. Namun, mereka tidak membeli semua bagian dari Yahoo. Verizon setuju untuk membeli situs dan mesin pencari (search engine) dari Yahoo dengan harga USD4.8 miliar (Rp63 triliun) pada bulan Juli tahun lalu. 

    Bisnis utama Yahoo yang dibeli oleh Verizon akan tetap menggunakan nama Yahoo. Sementara divisi lain yang tidak diakuisisi akan mengubah namanya menjadi Altaba dan menjadi perusahaan investasi. 

    Saat ini, menurut The Guardian, para pemegang saham Yahoo masih memiliki beberapa investasi, seperti 36 persen saham Yahoo Jepang dan 16 persen saham Alibaba dan juga portofolio paten. Namun, entitas yang tidak diakusisi Verizon ini tidak punya produk atau pekerja. Jika akuisisi oleh Verizon selesai, entitas itu akan dikenal sebagai Altaba.

    Sementara itu, CEO Yahoo, Marissa Mayer akan mundur dari dewan perusahaan meski dia akan tetap menjabat sebagai CEO. Situs, layanan email, mesin pencari dan layanan berita Yahoo akan terus ada meski ia akan terintegrasi dengan AOL milik Verizon. Pada bulan Juli, juru bicara AOL berkata, merek Yahoo, seperti Yahoo Finance dan Yahoo Sports tidak akan dihilangkan. 

    Rencana akuisisi oleh Verizon ini akan menjadi akhir dari sejarah Yahoo sebagai perusahaan mandiri selama 21 tahun. Namun, ia masih harus mendapatkan persetujuan dari pihak regulator. Diperkirakan, akuisisi ini akan memasuki tahap akhir pada Q1 2017.

    Dari Google, Mayer bergabung dengan Yahoo sebagai CEO pada 2012. Tugasnya adalah untuk memulihkan perusahaan. Namun, dia gagal melaksanakan itu. Sampai sekarang, masih belum diketahui apa peran Mayer setelah akuisisi Verizon selesai, meski dia berkata, dia akan tetap ada di perusahaan.

    "Saya berencana untuk tetap bekerja di sini... Penting bagi saya untuk melihat Yahoo masuk ke tahap berikutnya," ujarnya.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id