Microsoft Laporkan Pertumbuhan Kuat untuk Q3 2021

    Lufthi Anggraeni - 28 April 2021 12:01 WIB
    Microsoft Laporkan Pertumbuhan Kuat untuk Q3 2021
    Microsoft mengumumkan laporan finansial kuartal ketiga tahun 2021, mengindikasikan pertumbuhan kuat.



    Jakarta: Microsoft mengunggah laporan finansial untuk kuartal tiga tahun 2021, melaporkan pendapatan sebesar USD41,7 miliar (Rp604,4 triliun) dan pendapatan bersih sebesar USD15,5 miliar (Rp224,6 triliun).

    Mengutip The Verge, Microsoft mengalami pertumbuhan kuat untuk Xbox dan layanan terkait dengan cloud. Pasar PC juga tidak melambat meski mengalami kelangkaan chip global, dan Microsoft mendapatkan manfaat dari kondisi ini.






    Pendapatan OEM Windows mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen, merefleksikan permintaan kuat dari konsumen PC. pendapatan OEM non-pro Windows juga mengalami pertumbuhan sebesar 44 persen, dan hanya OEM Pro Windows mengalami penurunan pendapatan sebesar dua persen.

    Pertumbuhan untuk Windows secara keseluruhan ini dinilai sejumlah pihak mengejutkan, dan merefleksikan permintaan selama pandemi untuk laptop dan PC selama satu tahun terakhir. Selama pengumuman ini, CEO Microsoft Satya Nadella mengungkap bahwa saat ini terdapat 1,3 miliar perangkat Windows 10 aktif.

    Microsoft diperkirakan akan mengungkapkan informasi detail terkait perubahan terbaru pada Windows 10 at Build pada bulan Mei mendatang. Microsoft juga dikabarkan berencana untuk melakukan peremajaan visual menyeluruh pada software Windows.

    Menyoal PC, Surface mencapai tonggak sejarah bernilai sebesar USD2 miliar (Rp28,9 triliun) pada kuartal sebelumnya, dan Microsoft memperoleh pendapatan sebesar USD1,5 miliar (Rp21,7 triliun) pada Q3 tahun 2021.

    Pendapatan ini mengalami peningkatan sebesar 12 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang umumnya merupakan periode sunyi untuk penjualan Microsoft Surface.

    Microsoft baru saja merilis Surface Laptop 4 dan aksesori terbaru pada awal bulan April ini, namun Microsoft juga memperkenalkan Surface Pro 7 Plus untuk bisnis dan sekolah selama kuartal terbaru ini.

    Surface Pro merupakan perangkat Surface karya Microsoft terpopuler, dan model terbarunya berbekal baterai berkapasitas lebih besar, prosesor Intel generasi ke-11, SSD yang dapat dilepas-pasang, dan jaringan LTE.

    Microsoft juga menjadi rumah bagi perangkat dan game Xbox, dan kembali mengalami pertumbuhan pendapatan di seluruh lini bisnis gaming. Q3 merupakan kuartal kedua dari penjualan konsol Microsoft Xbox Series X dan Series S, dan pendapatan hardware bertumbuh secara signifikan sebesar 232 persen berkat konsol terbaru itu.

    Pendapatan konten dan layanan Xbox juga mengalami peningkatan sebesar USD739 juta (Rp10,7 triliun) atau sebesar 34 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2020 lalu.

    Pertumbuhan ini dilaporkan didorong oleh ketersediaan judul game pihak ketiga, langganan Xbox Game Pass dan game pihak pertama. Gaming menjadi hobi utama untuk banyak masyarakat selama tahun 2020, dan tren ini diyakini akan tetap bertahan selama tahun 2021 ini.

    Pendapatan gaming Microsoft secara keseluruhan meningkat USD1,2 miliar (Rp17,4 triliun) atau sebesar 50 persen, setelah mencapai USD5 miliar (Rp72,5 triliun) sebagai kuartal pertamanya pada kuartal dua, berkat konten, layanan, dan perangkat Xbox.

    Microsoft belum menyediakan jumlah pelanggan Xbox Game Pass terbaru pada kuartal ini, namun untuk kuartal kedua 2021, Microsoft mengumumkan bahwa pelanggan layanan game ini mencapai 18 juta pelanggan.

    Sebagai informasi, Microsoft secara reguler mengungkapkan jumlah pelanggan Xbox Game Pass selama beberapa tahun terakhir, sehingga Microsoft diperkirakan akan mengumumkan jumlah pelanggan Xbox Game Pass ini dalam waktu dekat.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id