Q3 2018, Lenovo Rajai Pasar PC yang Stagnan

    Ellavie Ichlasa Amalia - 11 Oktober 2018 11:21 WIB
    Q3 2018, Lenovo Rajai Pasar PC yang Stagnan
    Lenovo masih menjadi nomor satu di pasar PC yang stagnan.
    Jakarta: Pasar PC global tak lagi berkembang. Secara keseluruhan, perusahaan-perusahaan pembuat PC mengirimkan 67,2 juta unit pada Q3 2018, naik 0,1 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, menurut data dari perusahaan riset pasar Gartner. 

    Pada Q2, pasar PC global sempat mengalami kenaikan kecil sebesar 1,4 persen. Kenaikan itu adalah kali pertama pasar global PC mengalami kenaikan selama enam tahun, menurut laporan CNET. Meskipun permintaan akan PC dari konsumen tetap rendah, penjualan PC pada bisnis justru sangat baik. 
    "Pasar PC terus didorong oleh penjualan PC untuk pelaku bisnis, yang didorong oleh keperluan pembaruan hardware untuk update ke Windows 10," kata Mikako Kitagawa, Principal Analyst di Gartner. "Kami memperkirakan, siklus pembaruan Windows 10 akan terus berlanjut hingga 2020. Ketika itu, permintaan akan PC baru akan turun."

    Lenovo masih menjadi raja di pasar PC dengan pangsa pasar 23,6 persen, naik dari 21,4 persen jika dibandingkan dengan Q3 tahun lalu. Posisi kedua diduduki oleh HP dengan pangsa pasar 21,8 persen, diikuti oleh Dell pada posisi ketiga dengan pangsa pasar 16 persen. 

    Q3 2018, Lenovo Rajai Pasar PC yang Stagnan
    Tabel pangsa pasar PC global. 

    Sementara ketiga perusahaan itu berhasil meningkatkan pangsa pasarnya, pangsa pasar Apple dan Acer -- keduanya ada di posisi keempat dan kelima -- justru mengalami penurunan. Apple, dengan pangsa pasar 7,3 persen, harus puas duduk di posisi keempat sementara Acer ada di posisi kelima dengan pangsa pasar 6,1 persen. 



    (ELL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id