Menkominfo Johnny: Aceh Jadi Acuan Migrasi Siaran Analog ke Digital

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Juni 2021 10:31 WIB
    Menkominfo Johnny: Aceh Jadi Acuan Migrasi Siaran Analog ke Digital
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam dialog virtual



    Jakarta: Proses Analog Switch Off (ASO) atau nonaktifkan siaran analog dan beralih ke siaran digital akan segera dimulai dengan batas waktu akhir adalah 2 November 2022. ASO juga dilakukan bertahap di sejumlah wilayah Indonesia, paling awal atau Tahap 1 dilakukan pada 17 Agustus 2021.

    Di Tahap 1 kawasan Provinsi Aceh akan menjadi yang pertama melakukan ASO. Menkominfo Johnny G. Plate dalam dialog virtual bertajuk “Tahap Pertama ASO untuk Warga Aceh” kemarin menyampaikan bahwa di Aceh terdapat 14 wilayah siaran.

     



    “Dari 14 wilayah siaran, diantaranya telah dijadwalkan untuk pelaksanaan ASO Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar termasuk sebagai daerah kandidat pelaksanaan Analog Switch Off di tahap pertama pada peringatan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang,” ujar Menkominfo Johnny.

    Implementasi siaran digital di Provinsi Aceh menurut Menkominfo tidak terlepas dari kondisi siaran analog yang akan dialihkan ke siaran digital dari 14 wilayah layanan. Dia menyebut jaringan layanan siaran televisi digital di seluruh Indonesia merujuk standar International Telecommunication Union (ITU).

    “Faktor-faktor seperti kondisi geografis, luas wilayah perbatasan, spektrum frekuensi radio dan kemampuan teknologi siaran digital, mempengaruh desain akhir di Provinsi Aceh sebagai contoh yang terbagi menjadi 14 wilayah siaran,” ungkapnya.

    “ASO di tahap awal tentunya menjadi bahan evaluasi untuk tahapan-tahapan berikutnya. Saya ingin sampaikan bahwa migrasi dari analog ke digital bukan pekerjaan membalikkan tangan, tetapi pekerjaan yang harus disiapkan dengan matang melalui tata kelola yang matang dan sangat teknis,” tandasnya.

    Menteri Johnny menegaskan dalam setiap tahapan penyusunan regulasi dan persiapan ASO, Kominfo tentunya selalu terbuka untuk menerima masukan agar transisi ke siaran televisi digital menjadi proses yang lancar dan tidak mengakibatkan gangguan pelaksanaan siaran kepada masyarakat.

    “Sebelum dilaksanakan ASO, Kementerian Kominfo juga akan mengevaluasi tingkat kesiapan masyarakat untuk melengkapi gambaran keseluruhan bersama tingkat kesiapan lembaga-lembaga penyiaran,” ungkapnya.

    ASO dilakukan secara bertahap dengan Tahap I pada 17 Agutus 2021 di enam wilayah layanan di 15 kabupaten atau kota. Tahap II pada 31 Desember 2021 di 20 wilayah layanan di 44 kabupaten atau kota. Pada Tahap III 31 Maret 2022 ada 30 wilayah layanan di 107 kabupaten kota. 

    Pada Tahap IV yang berlangsung di tanggal 17 Agustus 2022 dilakukan di 31 wilayah dari 110 kabupaten atau kota. Di tahap V dilaksanakan pada 2 November 2022 pada 24 wilayah layanan di 63 kabupaten atau kota.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id