MediaTek Dimensity 9000 Dua Kali Lebih Mahal dari Pendahulunya

    Lufthi Anggraeni - 27 November 2021 14:49 WIB
    MediaTek Dimensity 9000 Dua Kali Lebih Mahal dari Pendahulunya
    MediaTek Dimensity 9000 Dua Kali Lebih Mahal dari Pendahulunya



    Jakarta: Qualcomm diprediksi akan mengumumkan chipset unggulan berperforma tinggi terbarunya pada pekan depan, di ajang Tech Summit. Sementara itu, MediaTek telah mengumumkan Dimensity 9000 pada pekan lalu.

    Mengutip GSM Arena, laporan dari Digital Chat Station menyebut bahwa chipset smartphone pertama MediaTek yang dibangun dengan proses 4nm ini akan ditawarkan dengan harga dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset 5G pendahulunya.

     



    Hal ini artinya smartphone dengan dukungan chipset baru ini diperkirakan akan dipasarkan dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat yang didukung oleh chipset Dimensity 1200.

    Laporan ini juga menyebut bahwa meski harga Dimensity 9000 akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan Dimensity 1200, chipset S8 Gen1 yang belum diumumkan Qualcomm dikabarkan akan mengusung harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan chipset unggulan terbaru MediaTek.

    Sedangkan untuk Dimensity 7000 5nm, Digital Chat Station melaporkan bahwa perangkat dengan dukungan chipset ini akan mulai menyapa konsumen pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang.

    Berdasarkan laporan terbaru, chipset baru Qualcomm diprediksi akan mengusung nama Snapdragon 8Gx Gen 1, alih-alih S8 Gen 1. Namun kebenaran informasi ini baru akan diketahui saat Tech Summit digelar pada tanggal 30 November mendatang, saat Qualcomm secara resmi mengumumkan nama chipset unggulan terbarunya.

    Sementara itu, MediaTek menggelar Summit pada pekan lalu, menjadi medium produsen chipset ini dalam mengumumkan Dimensity 9000. Usungan nama tersebut mewakili perubahan skema penamaan produk secara drastis, dari Dimensity 1200 menjadi Dimensity 9000.

    Perubahan ini mengindikasikan upaya MediaTek dalam menyediakan ruang bagi varian baru pada seri chipset Dimensity, yang akan diluncurkan di masa mendatang. Menurut laporan terbaru, perangkat dengan dukungan chipset Dimensity 9000 akan tersedia di pasar pada bulan Februari mendatang.

    Hal ini selaras dengan prediksi MediaTek untuk Q1 2022 terkait perangkat yang akan dipasarkan dengan chipset baru tersebut. Di sisi lain, Xiaomi 12 dirumorkan akan menjadi perangkat pertama yang akan hadir dengan dukungan chipset terbaru Qualcomm, diperkirakan sebelum tahun 2021 berakhir.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id